Strategi Pembelajaran Inovatif: Ular Tangga Numerasi dan Monopoli Dalam meningkatkan Literasi dan Numerasi siswa SMP Dharma Wanita Pare Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23085Keywords:
Program Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Strategi pembelajaran Inovatif, Ular Tangga Numerasi, Media MonopoliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan literasi dan numerasi siswa di SMP Dharma Wanita Pare melalui strategi pembelajaran inovatif Ular Tangga Numerasi dan Monopoli yang dilaksanakan dalam program Kampus Mengajar angkatan 7. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 26 Februari sampai 19 Juni 2024 menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII. Temuan penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran ular tangga numerasi dan Monopoli dapat meningkatkan literasi dan numerasi serta meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Media ular tangga numerasi dan monopoli dapat menggabungkan belajar dan bermain sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan numerasi sebesar 18% dan Peningkatan literasi sebesar 15%.
Downloads
References
Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.
Hadi, I. A. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi, 4(2), 190–191.
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur`aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645
Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Efendi, S. F., & Rozie, F. (2024). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Melalui Pelaksanaan Kegiatan Kaya Literasi dan Numerasi di SD Negeri Dungkek III. Satya Widya, 40(1), 100–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2024.v40.i1.p100-111
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Nabilla, T. F., Ditia, D. T., & Widyawati, S. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Mitra Guru Dan Sekolah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Di SD Negeri 01 Lubuk Gadang, Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1265–1271. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.336
Purwanti, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Kartu Soal dan Stker Jawaban Pada Materi Tanah Keberlangsungan Kehidupan. Wirahadie.Com, 3(8), 1. https://doi.org/10.17977/um067.v3.i8.2023.1
Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Permata Valenta, Tjetjep Yusuf Afandi, Eunike Rose Mita Lukiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License