Strategi Pembelajaran Inovatif: Ular Tangga Numerasi dan Monopoli Dalam meningkatkan Literasi dan Numerasi siswa SMP Dharma Wanita Pare Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7

Authors

  • Permata Valenta Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tjetjep Yusuf Afandi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eunike Rose Mita Lukiani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23085

Keywords:

Program Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Strategi pembelajaran Inovatif, Ular Tangga Numerasi, Media Monopoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan literasi dan numerasi siswa di SMP Dharma Wanita Pare melalui strategi pembelajaran inovatif Ular Tangga Numerasi dan Monopoli yang dilaksanakan dalam program Kampus Mengajar angkatan 7. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 26 Februari sampai 19 Juni 2024 menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII. Temuan penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran ular tangga numerasi dan Monopoli dapat meningkatkan literasi dan numerasi serta meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Media ular tangga numerasi dan monopoli dapat menggabungkan belajar dan bermain sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan numerasi sebesar 18% dan Peningkatan literasi sebesar 15%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.

Hadi, I. A. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi, 4(2), 190–191.

Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur`aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645

Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Efendi, S. F., & Rozie, F. (2024). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Melalui Pelaksanaan Kegiatan Kaya Literasi dan Numerasi di SD Negeri Dungkek III. Satya Widya, 40(1), 100–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2024.v40.i1.p100-111

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Nabilla, T. F., Ditia, D. T., & Widyawati, S. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Mitra Guru Dan Sekolah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Di SD Negeri 01 Lubuk Gadang, Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1265–1271. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.336

Purwanti, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Kartu Soal dan Stker Jawaban Pada Materi Tanah Keberlangsungan Kehidupan. Wirahadie.Com, 3(8), 1. https://doi.org/10.17977/um067.v3.i8.2023.1

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-30

How to Cite

Strategi Pembelajaran Inovatif: Ular Tangga Numerasi dan Monopoli Dalam meningkatkan Literasi dan Numerasi siswa SMP Dharma Wanita Pare Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7. (2024). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(2), 56-64. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23085

Similar Articles

1-10 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.