Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Interaktif dalam Program Kampus MengajarAngkatan 6 di SMP Negeri 2 Ngronggot Kec. Ngronggot, Kab. Nganjuk

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nirmala Rohmah
Zainal Arifin

Abstract

Implementasi media pembelajaran interaktif dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dan dampaknya terhadap hasil dan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Ngronggot. Program ini merupakan bagian dari Model Pendidikan Merdeka (MBKM) yang berkolaborasi dengan Sekolah Dasar untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19. Fokus utama penelitian adalah meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui inovasi teknologi pendidikan, dengan melibatkan mahasiswa sebagai mitra guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi partisipatif dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 6 terlibat dalam membantu pelaksanaan pembelajaran, fokus pada pemahaman literasi dan numerasi, serta mengembangkan media pembelajaran interaktif. Selain meningkatkan hasil belajar, program ini juga memberikan kontribusi positif terhadap minat belajar siswa, menunjukkan langkah konkret dalam mengatasi kesenjangan pendidikan di daerah terpencil. Dalam era revolusi industri 4.0, teknologi informasi memainkan peran kunci dalam transformasi pendidikan. Penelitian ini menggambarkan peran penting media pembelajaran interaktif, terutama berbasis game dan video, dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil tes sebelum dan sesudah program menunjukkan peningkatan literasi dari 38% menjadi 57%, dan numerasi dari 28% menjadi 31%. Meskipun sebagian besar siswa mengalami peningkatan, beberapa masih memerlukan perhatian tambahan.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rohmah, N., & Arifin, Z. (2024). Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Interaktif dalam Program Kampus MengajarAngkatan 6 di SMP Negeri 2 Ngronggot Kec. Ngronggot, Kab. Nganjuk. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i1.21993

References

    Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
    Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional , 2(1), 28–31.
    Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
    Maulidina, H. (2019). No Titleس. ペインクリニック学会治療指針2, 1(2), 1–13.
    Na, D. E. C., & Hipertensiva, C. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
    Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
    Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
    Panjaitan, P., Simanjuntak, M., Silitonga, F. D., Napitupulu, L., Moenda, N., Silitonga, S., & Syahfitri, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Ii Dalam Kegiatan Mengajar Siswa Kelas 1 Sd Di Sd Negeri 177041 Simarhompa Pada Tahun 2021. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 955–967.
    Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773
    Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7222