Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengungkapkan, dan menggambarkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS dalam pembelajaran akuntansi secara online di SMA Negeri Ambulu Jember.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penelitian ini sebanyak 88,6% (kategori sangat tinggi) siswa telah mencerminkan sikap tanggung jawab, 84,2% (kategori sangat tinggi) siswa mencerminkan sikap disiplin, 81,7% (kategori sangat tinggi) siswa telah mencerminkan sikap motivasi belajar, 71,2% (kategori tinggi) siswa mencerminkan sikap inisiatif dan 42,2% (kategori cukup) siswa mencerminkan sikap percaya diri. Secara keseluruhan siswa kelas XII IPS di SMA Negeri Ambulu Jember memiliki tingkat kemandirian belajar sebesar 73,6% dengan kategori “tinggi”. Berdasarkan persentase dan kategori tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa kelas XII IPS SMA Negeri Ambulu Jember sudah memiliki kemandirian belajar yang baik dalam mengikuti pembelajaran akuntansi secara online.

Keywords

Pembelajaran Online, Akuntansi, Kemandirian Belajar

Article Details

How to Cite
ditananda, zanisa nadia. (2023). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI SECARA ONLINE DI SMA NEGERI AMBULU JEMBER: KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI SECARA ONLINE DI SMA NEGERI AMBULU JEMBER. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(2), 64-72. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i2.18818

References

  1. Pembelajaran Online, Akuntansi, Kemandirian Belajar