Pengaruh Flash Sale Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.25138Keywords:
Flash Sale, Pembelian impulsif, ShopeeAbstract
Promosi flash sale Shopee menawarkan pengalaman berbelanja murah dalam waktu terbatas. Mekanisme ini mampu merangsang pola pikir irasional sehingga memicu terjadinya pembelian impulsif di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi flash sale terhadap pembelian impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya di e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis asosiatif dengan hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya Angkatan 2022 dengan sampel penelitian berjumlah 75 mahasiswa yang ditentukan melalui metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara flash sale dan pembelian impulsif yang diperoleh dari perhitungan uji korelasi sebesar 0,4763 (cukup) dan dari perhitungan uji-t thitung = 4,6291 ≥ ttabel = 1,9930. promosi flash sale berkontribusi sebesar 22,68% sementara sisanya sebesar 77,32% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Agustina, R. S., Mufti, A. M., Rahmawati, I., & Fahrani, I. (2024). ANALISIS KECENDERUNGAN PEMBELIAN SECARA IMPULSIF DITINJAU DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 03(01). https://ejournal.stais.ac.id/index.php/j-ebi/index
Arifianti, R., & Gunawan, W. (2020). Perilaku Impulse Buying dan Interaksi Sosial dalam Pembelian di Masa Pandemi. SOSIOGLOBAL : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 5(1), 44–60.
Artanti, V. K. (2023). Survey Perilaku Berbelanja Masyarakat Indonesia. info.populix.co. https://info.populix.co/articles/behavior-konsumen-berbelanja/
Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2(1), 2024–2073.
Dewi, F., Soleh, A., & Febliansyah, R. (2024). The Influence Of Live Streaming And Flash Sale On Impulse Buying Among Shopee App Users In Bengkulu City Pengaruh Live Streaming Dan Flash Sale Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Bengkulu. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.37676/jemba
Dewi, N. L. P. S. A., Martadewi, N. P. R., Mangamis, A. K., Stefany, & Susanto, P. C. (2021). RESPON DAN PENGALAMAN KONSUMEN BERPARTISIPASI PADA MEGA SALE TANGGAL KEMBAR: STUDI KASUS PADA E-COMMERCE SHOPEE 9.9 SUPER SHOPPING DAY. SINTESA, 4.
Dewi, N. P. A. S. K., & Jatra, I. M. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, VISUAL MERCHANDISING, ATMOSFER GERAI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI MATAHARI DUTA PLAZA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 173. https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i04.p01
Ernestivita, G., Budiyanto, & Suhermin. (2023). SENI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELIAN IMPULSIF DAN COMPULSIF. Media Sains Indonesia.
Maddinsyah, A. (2020). Analysis of Purchasing Decisions Based on Sales Promotion and Service Quality. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik, 10. http://ojs.unm.ac.id/iap
Manurung, E., Kartikowati, S., & Hendripides. (2024). Pengaruh Flash Sale Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Aplikasi E-Commerce Shhopee pada Mahasiswa Jurusan PPIPS FKIP Universitas Riau. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health E-ISSN, 3(1), 88.
Norhilaliah, & Santi Agustina, E. (2024). PENGARUH PROGRAM FLASH SALE DAN CASHBACK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP (The Influence Of Flash Sale And Cashback Programs On Impulsive Buying Behavior Among Tiktok Shop Users). INOVATIF: Jurnal Administratif Niaga, 6, 51–57.
Novian, M. H. (2022). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA MASA PANDEMI COVID-19. CiDEA JOURNAL, 1(1), 22.
Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–201.
Pakpahan, R., Febriyanti, S., Berliana, D., & Nur Esmeralda, R. (2024). Pengaruh Promo Event 6.6 Flash Sale Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(1), 2598–8700. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i1.1277
Perdagangan, K. (2024). PERDAGANGAN DIGITAL (E-COMMERCE) INDONESIA PERIODE 2023 Pusat Data dan Sistem Informasi.
Ramadhan, D. T., Manalu, V. G., & Rahimi, F. (2024). PENGARUH FLASH SALE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).
Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 109–120. https://journal.uii.ac.id/selma/index
Slava, W., & La Penia, R.-L. F. (2022). People Impulse Buying Behavior Amidst Pandemic. International Journal of Research Publications, 103(1). https://doi.org/10.47119/ijrp1001031620223436
Suasapha, A. H. (2020). SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK. JURNAL KEPARIWISATAAN, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407
Sucipto, D., & Ali Niazi, H. (2024). PENGARUH FLASH SALE, PRICE DISCOUNT DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING KONSUMEN SHOPEE (Studi pada Konsumen Shopee di Ciledug, Kota Tangerang). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 315(1), 315–326. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Sukmawati, K. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 2(2), 320–330. https://doi.org/10.30640/trending.v2i2.2368
Vannisa, D., Fansuri, A., & Muchlis Ambon, I. (2020). The Effect Of Flash Sale Program On Shopping Enjoyment And Impulse Buying On Flash Sale On C2C E-Commerce. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9(04). www.ijstr.org
Vera Yustanti, N., Indian Ariska, Y., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. Journal Ekombis Review, 10, 109–120. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1
Wahyudi. (2022). PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN MUSLIM ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Aceh) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Wati, A., & Putri, M. I. (2023). PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM TENTANG JUAL BELI FLASH SALE DI SHOPEE. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 14–28. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i1.408
Widodo, D. Y. P., & Prasetyani, H. (2022). Pengunaan Shopee sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Daya Jual Produk sebagai Narahubung Sosial Marketing. Journal of Systems, Information Techn, 2(2), 12–17. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsitee
Wulandari, N. T., Prihatini, A. E., & Farida, N. (2023). Pengaruh Emosi Positif dan Promosi Penjualan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 81–91. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.37107
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yova Miranda Putri, Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License