Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang sangat pesat ditandai dengan penggunaan internet yang meningkat. Salah satu alasan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet adalah untuk melakukan belanja online. Tingginya tingkat penggunaan akses jual beli online di Indonesia menyebabkan munculnya banyak e-commerce. E-commerce adalah penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan computer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruh perilaku belanja online mahasiswa Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang. Responden pada penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa aktif Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang yang pernah berbelanja online. Faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi perilaku belanja online mahasiswa yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas layanan, promosi, pengaruh sosial, dan kenyamanan terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis SEM-PLS disimpulkan bahwa faktor kenyamanan dan promosi signifikan terhadap keputusan berbelanja online mahasiswa

Keywords

E-Commerce Perilaku Belanja SEM-PLS

Article Details

How to Cite
Saputra, I. B., Ambarwati, A. N., & Yulianto, S. (2024). Analisis Perilaku Belanja Online Pada E-Commerce Dengan Menggunakan Metode SEM-PLS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(1), 25-29. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i1.22602

References

  1. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei
  2. Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2,(No.1, Februari 2016), hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1784
  3. Atas, A. Al. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, persepsi harga, dan kualitas informasi penggunaan e-commerce terhadap keputusan pembelian secara online. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/23844/Lampiran.pdf?sequence=11&isAllowed=y
  4. Bertuah, E., & Wicaksono, S. M. (2021). Perbandingan Perilaku Belanja Online Melalui Shopee Dan Tokopedia Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Esa Unggul, 1–21.
  5. Djufri, M. (2020). Penerapan Teknik Web Scraping Untuk Penggalian Potensi Pajak (Studi Kasus Pada Online Market Place Tokopedia, Shopee Dan Bukalapak). Jurnal BPPK : Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 13(2), 65–75. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v13i2.636
  6. Ghozali, H. I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
  7. Handini, D., Hidayati, F., Attamimi, A. N. R., Putri, D. A. V., Rouf, M. F., & Anjani, N. R. (2020). Statistik Pendidikan Tinggi 2020. https://pddikti.kemdikbud.go.id/publikasi
  8. Hidayanto, A. N., Pinem, A. A., Ayuningtyas, D., Azzahro, F., Hapsari, I. C., Handayani, P. W., & Munajat, Q. (2019). Konsep CB-SEM Dan SEM-PLS Disertai Dengan Contoh Kasus. PT Raja Grafindo Persada.
  9. Kahar, A., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). The Influence of Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Security on Repurchase Intention at Tokopedia.com. Atlantis-Press, 64(1), 429–438. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.20.
  10. Mohammad, F. A. (2018). Kajian dampak ketergantungan internet terhadap kesehatan mental mahasiswa s1 institut pertanian bogor.
  11. Mulyadi, A., Eka, D., & Naillis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2, 87–94.
  12. Populix. (2020). Platform E-Commerce Terfavorit Selama Pandemi. https://www.info.populix.co/all-reports/e-commerce-pilihan-konsumen-selama-pandemi
  13. Prastiwi, P. S., Wahab, Z., & Nailis, W. (2018). Analisis Faktor Yang Menentukan Minat Beli Konsumen Terhadap E-Commerce Fashion Di Kota Palembang. Jembatan, 14(2), 79–90. https://doi.org/10.29259/jmbt.v14i2.5294
  14. Pratama, W. B. H. (2018). Analisis Indikator Perilaku Belanja Online Mahasiswa Its Dengan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (Sem-Pls) Dan Pls Prediction-Oriented Segmentation (Plspos).
  15. Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391
  16. Sholihin, M., & Ratmono, D. (2020). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 Untuk Hubungan Nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis (C. A. Offset (ed.); 2nd ed.). Penerbit Andi.
  17. Sofiyani, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Situs Jual Beli Online Lazada Indonesia [Universitas Pasundan Bandung]. http://repository.unpas.ac.id/40391/
  18. Suharman. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Online Strat-Up Di Kota Medan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajeman, 7(3), 259–280.
  19. Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee. Universitas Islam Indonesia.