Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran mentimeter terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis tipe desain Pre-Eksperimental dalam bentuk one group pretest and posttest design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Srijaya Negara Palembang dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen.Teknik pengambilan sampelnya merupakan teknik cluster random sampling dan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi melalui pembelajaran tatap muka.  Hasil belajar berupa pretest dan posttest, analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menggunakan media pembelajaran mentimeter. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t menggunakann uji t-test sampel relate diperoleh thitung > ttabel yaitu 27,016 > 1,667 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Disarankan agar sekolah menambah proyektor serta menambah kapasitas jaringan wifi guna mendukung proses pembelaran yang menerapkan media berbasis teknologi.


 

Keywords

mentimeter hasil belajar

Article Details

How to Cite
Rizki Nuretha, E., & Fatimah, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER TERHDAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(1), 18-24. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i1.19921

References

  1. Andrini & Pratama.(2021). Implementasi Quiz Interaksi dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Ilmu. 26(2): 287-294.
  2. Arif & Makalalang .(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Padang: Balai Insan Cendikia Mandiri.
  3. Arlian, dkk .(2020). Web-Based Mentimeter Learning In Media German Writing Skils. Proceeding Of The International Conference On Science And Advanced Technology (ICSAT). 978-623-7496-62-5.
  4. Bunawi, Abdullah Wahib, dkk.(2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Discovery Learning, Berbantuan Media Mentimeter Pada Siswa Kelas III Sd Negeri Solomoyo Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1570-1580.
  5. Fidhyallah.(2021).Handout Pelatihan Tutorial Penggunaan Digital Learning Platform Mentimeter, Zoom, Seesaw, Quiziz, Kahoot. Jakarta:UNJ PRESS
  6. Hasan, dkk.(2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Tahta Media Group
  7. Hasyyati,dkk.(2021). Pengembangan Media Evaluasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu. 5(4)
  8. Kuntarto, dkk .(2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. http//ojs.unpkediri.ac.id/pgsd. 7(1).
  9. Lubis, dkk. (2021). Contextual Teaching and Learning Terintegrasi Media Sosial Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran. Surabaya : Cv. Jakat Media Publishing.
  10. Musliha & Purnawarman .(2020). Using Mentimeter For Eliciting Students Responses In Formative Assessment Practice.1st International Conference On Information Technology And Education. 508.
  11. Rahmania & Huda .(2021). Efektifitas Media Mentimeter Pada Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab . 20(1)
  12. Suparlan .(2020). Peranan Media Dalam Pembelajaran di SD/MI.Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2(2): 298-311.
  13. Ummah .(2021). Media Pembelajaran Matematika. Malang : UMM PRESS.
  14. Widyastuti,dkk.(2020). Pengantar Teknologi.Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'