Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa Instagram berkontribusi aktif dalam membentuk perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi, yang ternyata pengaruh ini belum disadari oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri yang notabene didik menjadi guru ekonomi. Adapun metode penelitian ini Mix Method, kuantitatif dan Kualitataif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang kemudian diolah uji korelasi sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 hal dalam Instagram yang memicu perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, diantaranya: 1)Durasi, 2)Frekuensi, 3)Following, 4)Follower, 5)Hal yang dinggah. Mengingat besarnya kerugian perilaku konsumsi yang irasional, maka hasil temuan ini penting untuk dipublikasikan

Keywords

Instagram Perilaku Konsumtif Irrasional Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Article Details

Author Biographies

Eunike Rose Mita Lukiani, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Prodi Pendidikan Ekonomi

Tjetjep, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Ekonomi

Zainal, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Ekonomi

Bayu, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Ekonomi

Elis, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Ekonomi

Efa, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Ekonomi

How to Cite
Lukiani, E. R. M., Tjetjep, T. Y. A., Zainal, Z. A., Bayu, B. S., Elis, E. I., & Efa, E. W. P. (2021). PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI: PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 1-7. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16285

References

  1. Apriliana, N. S., & Utomo, P. U. (2019). Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, 13(2), 179–190.
  2. Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1), 5–11.
  3. Jumlah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia: https://googleweblight.com/i?u=https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/detail/RjVEOERCMTItQklwMC00ODQ5LUE3NUUtMTI2ODQzQTdEQjM1&hl=id-ID. (Online). Diunduh 24 Juni 2020
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 25 mei 2020, dari http://www.
  5. http://kbbi.web.id/
  6. Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107–118.
  7. Miranda, S., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Riau. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
  8. Rizka, A. N., Afandi, T. Y., & Lukiani, E. R. M. (2019). Hubungan Instagram dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Efektor, 6(2), 1–9.
  9. Surindra Bayu, Widyaningrum Bakti dan Zulistiani. (2017). Statistika Teori dan Praktik SPSS. Malang: CV. Azizah Publishing
  10. Sumartono. 2005. Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan
  11. Televisi. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)