Main Article Content

Abstract

Guna menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan siswa SMK bukanlah hal yang mudah apalagi mereka masih berusia belia di mana aktivitasnya masih banyak dipengaruhi dengan dunia bermain dengan teman-teman sepergaulannya. Namun bukan berarti ini tidak mungkin dilakukan. Di sinilah peran guru khususnya pengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) sangat dituntut kreatifitasnya sehingga siswa mau mencoba menjadi wirausaha. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha adalah dengan melatih karakter siswa menjadi wirausaha.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara melatih karakter wirausaha siswa SMK melalui pemasaran online. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dari beberapa siswa memulai usahanya dengan melakukan pemasaran online. Hasil yang diperoleh dari 33 siswa yang melaksanakan praktek kewirausahaan, ternyata mayoritas memasarkan produknya berupa kuliner yaitu 28 orang, sementara empat orang memasarkan produk kosmetik dan satu orang memasarkan produk aksesoris. Dari seluru hsiswa yang telah memasarkan produknya tersebut memang tidak semuanya mendapatkan laba. Hal ini dapat dilihat ada 9 siswa yang tidak mendapatkan laba, sedang 24 siswa yang lain mendapatkan laba yang bervariasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa siswa tidak mendapatkan laba yaitu karena kurang telaten, salah dalam memperhitungkan harga jual dan konsumen kurang berminat dengan produk yang dipasarkan

Keywords

Karakter Kewirausahaan Pemsaran Online Motivasi Berprestasi

Article Details

Author Biographies

Tri, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa SE Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Widodo, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

How to Cite
Winarsih, T. W., & Yono, Y. D. W. (2021). MELATIH KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MELALUI PEMASARAN ONLINE: MELATIH KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MELALUI PEMASARAN ONLINE. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 14-23. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16287

References

  1. Ahmad, A. (2021) ‘Ekonomi Kreatif Sub-Sektor Kuliner Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Di Blitar’, JUPEKO: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), pp. 35–38. doi: https://doi.org/10.29100/jupeko.v6i1.1916.
  2. Anas, M. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Berpusat Kepada Mahasiswa Pada Mata Kuliah Auditing 1’, Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, pp. 427–435. Available at: http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/54.
  3. Anas, M., Riani, L. P. and Lianawati, D. (2019) ‘Potret Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia Tahun 2018 Dengan Indikator Rasio Gini, Kurva Lorentz, dan Ukuran Bank Dunia’, Seminar Nasional Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA) IV Tahun 2019 Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, pp. 72–83. Available at: http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/19/29.
  4. Artantri, M. W. et al. (2021) ‘The Development of Digital-Based Economics in Sustaining Interest in Shopping Online through the Marketplaces during the COVID-19 Pandemic’, 8(March), pp. 260–268. Available at: https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.8_Issue.3_March2021/IJRR034.pdf.
  5. Atiya, T. and Osman, Z. (2021) ‘The effect of entrepreneurial characteristics on the entrepreneurial intention of university students in Oman and Sudan’, Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(4), pp. 217–234. doi: 10.9770/jesi.2021.8.4(12).
  6. Brown, C. and Thornton, M. (2011) ‘Entrepreneurship Theory and the Creation of Economics : Insights From Cantillon ’ S Essai’, Nature, pp. 101–113.
  7. Cherukara, J. and Manalel, J. (2011) Evolution of Entrepreneurship theories through different schools of thought.
  8. Fierro, F. and Andrade, J. M. (2021) ‘The complex relationship between entrepreneurship and its context’, Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(4), pp. 235–249. doi: 10.9770/jesi.2021.8.4(13).
  9. Gawel, A. (2021) ‘The gender-based attainment of education and female entrepreneurship: the European perspective’, Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(4), pp. 403–417. doi: 10.9770/jesi.2021.8.4(24).
  10. Grebel, T. (2004) Entrepreneurship: A new perspective, Entrepreneurship: A New Perspective. doi: 10.4324/9780203478745.
  11. Handayani, S. et al. (2021) ‘Peningkatan Young Enterpreneur Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengeolaan Ekonomi Kreatif’, Jurkami, 6(1), p. 2021. doi: https://doi.org/10.31932/jpe.v6i1.
  12. Jayanti, S. N. et al. (2021) ‘Micro , Small and medium Enterprises ’ Defense among Pandemic Covid-19’, International Journal of Advances in Enginering and Management (IJAEM), 3(5), pp. 1318–1326. doi: 10.35629/5252-030513181326.
  13. McFarlane, J. (2016) ‘Economic Theories of Entrepreneurship’, Enterprise: Concepts and Issues. doi: 10.23912/978-1-910158-75-3-2880.
  14. Megawati and Farida, L. (2018) ‘Strategi menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang kreatif dan inovatif’, Prosiding Seminar Nasional ASBIS, 2(2), pp. 296–302.
  15. Rufaidah, E. and Kodri (2020) ‘Buku Referensi: Strategi Inovasi dan Kreativitas Berwirausaha Era Revolusi 4.0 (Kajian Empiris & Kajian Literatur)’, 0.
  16. Zhuravlov, D. et al. (2021) ‘The impact of the public debt of a country on the sustainable development of entrepreneurship’, Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(4), pp. 654–667. doi: 10.9770/jesi.2021.8.4(40)