Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Pada Siswa SMP Islam Fatahilah Kepung.

Authors

  • CATUR HARIYONO Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eunike Rose Mita Lukiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23139

Keywords:

Literasi, Kampus Mengajar, Merdeka Belajar

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa. Namun, rendahnya tingkat literasi menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia. Program Kampus Mengajar, bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, memberikan solusi dengan melibatkan mahasiswa dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program kerja Kampus Mengajar terhadap kemampuan literasi  pada siswa kelas VIII di SMP Islam Fatahilah Kepung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tiga tahapan: pra-penelitian, pelaksanaan, dan akhir penelitian. Data diperoleh melalui observasi, pre-test, dan post-test AKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja, seperti pembiasaan membaca 15 menit, revitalisasi pojok baca, dan Literacy Camp, berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa. Persentase siswa yang menjawab benar pada tes AKM meningkat dari 43% pada pre-test menjadi 60% pada post-test. Dengan peningkatan sebesar 17%, temuan ini menunjukkan bahwa program kampus mengajar dapat meningkatkan literasi dan kualitas pembelajaran di SMP Islam Fatahilah Kepung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Ramadhani, S. D., & Wahyudi, H. (2023). Upaya Peningkatan Melek Tekhnologi dan Administrasi melalui Program Kampus Mengajar pada SDN Banjarsari 04 Kabupaten Jember. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 131–138. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1451

Hasan Syahrizal. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Qosim Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1, 13–23.

Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

Nurhalimah, A. (2021). Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai calon Guru Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai calon Guru Melalui Program Kampus Mengajar (Vol. 1, Issue 1).

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.-a). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.-b). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.

Putra, F. G., Widyawati, S., & Nabila, I. L. (2021a). Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terintegrasi Nilai-nilai Keislaman dan Self-Efficacy; Dampak dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 67–77. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8375

Putra, F. G., Widyawati, S., & Nabila, I. L. (2021b). Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terintegrasi Nilai-nilai Keislaman dan Self-Efficacy; Dampak dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 67–77. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8375

Raya Hayqal, M., & Ulfatun Najicha, F. (2023). Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa. In Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 7, Issue 1). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/index

Widiastuti, T., Mejobo, G. K., & Kudus, K. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK PADA KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. 6(1), 1. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-07

How to Cite

Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Pada Siswa SMP Islam Fatahilah Kepung. (2025). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(2), 38-46. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23139

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.