Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Pada Siswa SMP Islam Fatahilah Kepung.
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i2.23139Keywords:
Literasi, Kampus Mengajar, Merdeka BelajarAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa. Namun, rendahnya tingkat literasi menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia. Program Kampus Mengajar, bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, memberikan solusi dengan melibatkan mahasiswa dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program kerja Kampus Mengajar terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas VIII di SMP Islam Fatahilah Kepung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tiga tahapan: pra-penelitian, pelaksanaan, dan akhir penelitian. Data diperoleh melalui observasi, pre-test, dan post-test AKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja, seperti pembiasaan membaca 15 menit, revitalisasi pojok baca, dan Literacy Camp, berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa. Persentase siswa yang menjawab benar pada tes AKM meningkat dari 43% pada pre-test menjadi 60% pada post-test. Dengan peningkatan sebesar 17%, temuan ini menunjukkan bahwa program kampus mengajar dapat meningkatkan literasi dan kualitas pembelajaran di SMP Islam Fatahilah Kepung.
Downloads
References
Abdurahman, A., Ramadhani, S. D., & Wahyudi, H. (2023). Upaya Peningkatan Melek Tekhnologi dan Administrasi melalui Program Kampus Mengajar pada SDN Banjarsari 04 Kabupaten Jember. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 131–138. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1451
Hasan Syahrizal. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Qosim Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1, 13–23.
Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Nurhalimah, A. (2021). Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai calon Guru Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai calon Guru Melalui Program Kampus Mengajar (Vol. 1, Issue 1).
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.-a). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.-b). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.
Putra, F. G., Widyawati, S., & Nabila, I. L. (2021a). Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terintegrasi Nilai-nilai Keislaman dan Self-Efficacy; Dampak dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 67–77. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8375
Putra, F. G., Widyawati, S., & Nabila, I. L. (2021b). Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terintegrasi Nilai-nilai Keislaman dan Self-Efficacy; Dampak dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 67–77. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8375
Raya Hayqal, M., & Ulfatun Najicha, F. (2023). Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa. In Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 7, Issue 1). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/index
Widiastuti, T., Mejobo, G. K., & Kudus, K. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK PADA KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. 6(1), 1. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CATUR HARIYONO, Eunike Rose Mita Lukiani, Elis Irmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License