Menumbuhkan Budaya Literasi di SDN Toyoresmi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 7

Authors

  • Cindy Aura Fatmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zainal Arifin UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Eunike Rose Mita Lukiani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.23117

Keywords:

literasi, numerasi, kampus mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di SDN Toyoresmi melalui peran mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7. Permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa diidentifikasi melalui hasil pre-test AKM siswa kelas 5 yang menunjukkan rata-rata skor literasi sebesar 44,8%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melaksanakan program kerja diantaranya: Sudut baca, Mading literasi, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pra Pembelajaran, Literasi camp, dan Mural peta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan, setelah program diterapkan, rata-rata skor literasi naik siswa kelas 5 SDN Toyoresmi naik menjadi 74%, dengan kata lain program kerja peneliti melalui program Kampus Mengajar 7 efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN Toyoresmi sebesar 29,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alokafani, Y., & Muhsam, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 308–313.

Bahrudin, D. V. Y., & Yuliawati, F. (2022). Pendampingan Reading Corner dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Budaya Literasi bagi Peserta Didik Sekolah Dasar di SDN Plakpak 2 Pamekasan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1081–1090.

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35–38.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.

Harianja, S. I., Kurnia, L., & Trimayani, R. (2023). Upaya program kampus mengajar terhadap peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di SD Negeri 066/IX Sengeti. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 813–819.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7411–7419.

Purwasih, J. H. G., & Wahananto, J. (2022). Mengenal asesmen kompetensi minimum (akm): pelatihan guru yayasan pondok pesantren fathul hidayah lamongan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 5(1), 1–7.

Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh implementasi asesmen projek terhadap karakter dan literasi sains siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-26

How to Cite

Menumbuhkan Budaya Literasi di SDN Toyoresmi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 7. (2025). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 5(1), 11-18. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.23117

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)