MOTIVASI KAUM MILENIAL ALUMNI MAN 1 NGANJUK MEMULAI TREND BISNIS E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amin

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis motivasi kaum milenial alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Nganjuk dalam memulai bisnis e-commerce pada masa  Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia dan memberikan dampak bagi seluruh aspek terutama aspek ekonomi dan bisnis. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang dari tahun ketahun semakin canggih, menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Masyarakat Indonesia terutama kaum milenial mulai berbisnis secara online menggunakan e-commerce. Tulisan ini menyajikan informasi mengenai motivasi kaum milenial alumni MAN 1 Nganjuk memulai trend bisnis e-commerce di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pusposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 siswa alumni MAN 1 Nganjuk, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal yaitu untuk mengisi waktu luang dan keinginan untuk menghasilkan uang. Sedangkan motivasi eksternal yaitu adanya peluang yang besar untuk berbisnis di masa pandemi Covid-19.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Amin, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

How to Cite
Amin, A. K. (2021). MOTIVASI KAUM MILENIAL ALUMNI MAN 1 NGANJUK MEMULAI TREND BISNIS E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 33–40. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16289

References

    Ahmad, A. (2021). Ekonomi Kreatif Sub-Sektor Kuliner Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Di Blitar. JUPEKO: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 35–38. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jupeko.v6i1.1916
    Artantri, M. W., Forijati, R. R., Anas, M., & Surindra, B. (2021). The Development of Digital-Based Economics in Sustaining Interest in Shopping Online through the Marketplaces during the COVID-19 Pandemic, 8(March), 260–268. Retrieved from https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.8_Issue.3_March2021/IJRR034.pdf
    Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100
    Handayani, S., Istiqomah, A., Fauzi, N., & Eva, N. (2021). Peningkatan Young Enterpreneur Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengeolaan Ekonomi Kreatif. Jurkami, 6(1), 2021. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpe.v6i1
    Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358
    Moon, J., Choe, Y., & Song, H. (2021). Determinants of consumers’ online/offline shopping behaviours during the COVID-19 pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(4), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph18041593
    Rahmawati, L. (2020). Peran E-commerce dalam Mendukung Ketahanan Pangan Wilayah Jakarta Saat Pandemi Covid-19. Magister Ketahanan Nasional, Universitas Gadjah Mada, 8(2), 11–27.
    Rahwanto, E., Komala, R., & Kom, S. (2020). E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(3), 200–213.
    SARI, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943
    Tuffour, I. (2017). A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications, 2(4), 1–5. https://doi.org/10.4172/2472-1654.100093