Main Article Content

Abstract

Penelitian dengan pendekatan meta analisis ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan berkategori penelitian deskriptif kuantitatif.  Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling.  Data sampel penelitian ini sebanyak 13 artikel yang diperoleh dari jurnal nasional dan internasional yang terakreditasi. Pengolahan data penelitian digunakan uji statistic berupa  uji normalitas dan uji sampel t berpasangan melalui aplikasi SPSS 26, selanjutnya setiap data dihitung nilai Effect Size-nya.  Berdasarkan hasil pengilahan data disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Model pembelajaran PBL memiliki pengaruh paling besar diantara model pembelajaran yang lain, diikuti oleh model pembelajaran CTL dengan nilai Effect Size yang hampir sama.  Model pembelajaran PBL dan CTL ini terbukti paling efektif dibandingkan model pembelajaran inovatif lainnya.  Temuan lainnya bahwa model pembelajaran inovatif juga berpengaruh tinggi terhadap motivasi belajar, berpikir kritis, keterampilan berbicara dan keterampilan analisis

Keywords

Meta Analisis Model Pembelajaran Inovatif CTL PBL

Article Details

Author Biography

Endah, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

How to Cite
Ratnawati, E. R. (2021). META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK): META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 24-32. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16288

References

  1. Ainurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  2. Anas, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Berpusat Kepada Mahasiswa Pada Mata Kuliah Auditing 1. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 427–435. Retrieved from http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/54
  3. Dagar, V; Yadaf, A. (2016). Constructivism: A Paradigm for Teaching and Learning. Arts and Social Sciences Journal, 7(4). https://doi.org/10.4172/2151-6200.1000200
  4. Darmadi. (2017). Pengembangan Metode Pembelajaran: Dasar Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Penerbit Depubish.
  5. Degeng, N. S. (2015). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Untuk Sukses di Era Kesemrawutan Global. Malang: Lemibaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
  6. Forijati;. Anas, M. E. R. (2020). Meta Analysis ; The Influence of Teaching Economy Innovation to the Escalation of The teaching Quality, 6(9), 1–5.
  7. Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 316–324. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/32
  8. Glass, G. V., McGaw, B., & Smith, M. L. (1981). Meta-analysis in social research, Sage Publication. London: Sage Publication.
  9. Gunawan, & Darmani. (2018). Mengajar Di Jaman Now (1st ed.). Ponorogo: Penerbit WADE Group.
  10. Kemendikbud. (2014). Pembelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud.
  11. Kemendikbud. (2017). Buku Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di SMA. Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
  12. Miller, J. S. (2004). Problem-based learning in organizational behavior class: Solving students’ real problems. Journal of Management Education, 28(5), 578–590. https://doi.org/10.1177/1052562903257937
  13. Nieuwenstein, M. R., D.Morey, T. (2015). On making the right choice: A meta-analysis and large-scale replication attempt of the unconscious thought advantage. Judgment and Decision Making, 10(1), 1–17.
  14. Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia Widisarana.
  15. Paldam, M. (2015). Meta analysis in a Nutshell: Techniques and general findings meta analysis in a Nutshell: Techniques ang general findings. Economics: The Open-Access, Open-Assessment E-Journal, 9(December, 1–14. https://doi.org/10.5018
  16. Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34.
  17. Schechter, C. (2011). Switching Cognitive Gears. Educational Administration, 49(2), 143–165.
  18. Sriawan, & N.S, U. (2015). Pemetaan penelitian mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar pendidikan jasmani tahun 2013-2015. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11, 82–87.
  19. Sukamto. (1988). Perencanaan dan pengembangan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan.
  20. Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Prenadamedia Group.
  21. Tutik. (2020). Analisis studi komparasi metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pencapaian prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Mejayan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(2), 55–61.
  22. LAMPIRAN : Data yang Dipakai dalam Penelitian
  23. Agustianingsih, E. R. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Kelas XI SMA. Jurnal of Economic Education, 3(2).
  24. Aini, Q. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MA NW Suralaga. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(1), 60. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i1.847
  25. Fahrurozi, Moh ; Juaini, Muhammad; Kudesiah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Educatio, II(2), 139–147.
  26. Gunawan, A. I., & Amaliyah, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.1071
  27. Hasyim, M. (2011). Pencapaian Standar Kompetensi dalam Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Ekonomi melalui Pendekatan Kontextual (CTL) Di SMAN 11 Semarang. Dinamika Pendidikan, VI(1), 45–61.
  28. Ibrahim, Anna Sylvia; Suyuti; Nadjamuddin, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Katalogis, 5(4), 9–20.
  29. Komar, Z., Rusdarti, R., & Khafid, M. (2020). Implementation of Project Based Learning Model to Improve the Learning Results of Economic Subjects of SMA Negeri 15 Semarang. Journal of Economic Education, 10(1), 34–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/41335
  30. Mahardika, Ade; Wulandari, S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate terhadap Hasil Belajar dan Ketrampilan Berbicara pada KD Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan Kelas XI OTKP Di SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(03), 1–12.
  31. Muntoko, P. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Multimedia Interaktif. Journal of Economic Education, 1(2), 130–138.
  32. Muspita, Z., & Sholihah, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Masbagik. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(1), 41. https://doi.org/10.29408/jpek.v3i1.1525
  33. Ruslan, D., & Pradinda, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan T.P 2016 / 2017. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 7(5), 17–22.
  34. Sudarmiani, S. (2020). The Development of Economic Learning Model through CTL (Contextual Teaching and Learning) to Promote Students’ Critical Thinking Skill. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 714–723. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.900
  35. Taryadi, & Rusdarti. (2018). Problem-Based Learning Method Using Comic As A Medium Toward Students’ Learning Outcomes Of Economy Social Science in Uang dan Lembaga Keuangan. Journal of Economic Education, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jeec.v7i1.21186.