Pengaruh Kegiatan P5 Dan Kreativitas Belajar IPS Terhadap Penguatan Karakter Siswa

Authors

  • Gandhi Setya Bimantara Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI
  • Sulastri Rini Rindrayani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI
  • Sulastri Rini Rindrayani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.25986

Keywords:

Penguatan Karakter, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kreativitas Belajar Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Kreativitas Belajar siswa pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap Penguatan Karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari kuisoner atau angket yang disebarkan kepada total populasi sebanyak 326 orang, peneliti secara acak (Random Sampling) memilih 180 responden yang dianggap mewakili keseluruhan populasi. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara Kegiatan P5 (XI) terhadap Penguatan Karakter (Y). dengan nilai t hitung sebesar (5,537) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikasi (0,000) yang lebih kecil dari (0,05). Selain itu, Kreativitas Belajar berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai t hitung sebesar (4,941) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Secara simultan, kedua variabel ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai F hitung sebesar (73.031) yang jauh lebih besar dari F tabel (3,90) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Maka dapat disimpulkan bahwa Kegiatan P5 berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, sedangkan Kreativitas Belajar memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan kedua variabel secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 32 , pdf downloads: 14

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Sikap Mandiri Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3041

Fernanda, R. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Modal Terhadap Minat Berwirausaha. In Universitas Islam Negeri Prof K.H. Saifuddin.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Injiati, S. S., Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Hasanah, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran IPS Dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 4(4), 61–69.

Innike, K. (2018). Pelaksanaan Sistem Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Pesantren Al-Manar Ponorogo. Repository Universita Muhammadiyah Ponorogo, 9.

Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan Kreativitas tanpa Batas: Strategi Inovatif Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358–364. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.543

Oci, M. (2016). Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26

Saktya Oktaviana, B., Rini Rindrayani, S., & Sukwatus Sujai, I. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Ips Dan Budaya Sekolah Smpn 2 Pakel. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 2021. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1934

Sultoni, Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2019, 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p160

Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mau’izhah, 11(1), 1–41. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58

Yahya, M. S. (2024). Pendekatan Holistik Integratif dalam Pembelajaran PAI (Studi Implementasi di SMA Negeri 4 Purwokerto). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-07

How to Cite

Pengaruh Kegiatan P5 Dan Kreativitas Belajar IPS Terhadap Penguatan Karakter Siswa. (2025). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 5(1), 38-52. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.25986

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.