Pengaruh Kegiatan P5 Dan Kreativitas Belajar IPS Terhadap Penguatan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.25986Keywords:
Penguatan Karakter, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kreativitas Belajar Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Kreativitas Belajar siswa pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap Penguatan Karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari kuisoner atau angket yang disebarkan kepada total populasi sebanyak 326 orang, peneliti secara acak (Random Sampling) memilih 180 responden yang dianggap mewakili keseluruhan populasi. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara Kegiatan P5 (XI) terhadap Penguatan Karakter (Y). dengan nilai t hitung sebesar (5,537) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikasi (0,000) yang lebih kecil dari (0,05). Selain itu, Kreativitas Belajar berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai t hitung sebesar (4,941) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Secara simultan, kedua variabel ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai F hitung sebesar (73.031) yang jauh lebih besar dari F tabel (3,90) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Maka dapat disimpulkan bahwa Kegiatan P5 berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, sedangkan Kreativitas Belajar memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan kedua variabel secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.
Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Sikap Mandiri Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3041
Fernanda, R. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Modal Terhadap Minat Berwirausaha. In Universitas Islam Negeri Prof K.H. Saifuddin.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Injiati, S. S., Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Hasanah, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran IPS Dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 4(4), 61–69.
Innike, K. (2018). Pelaksanaan Sistem Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Pesantren Al-Manar Ponorogo. Repository Universita Muhammadiyah Ponorogo, 9.
Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan Kreativitas tanpa Batas: Strategi Inovatif Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358–364. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.543
Oci, M. (2016). Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26
Saktya Oktaviana, B., Rini Rindrayani, S., & Sukwatus Sujai, I. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Ips Dan Budaya Sekolah Smpn 2 Pakel. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 2021. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1934
Sultoni, Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2019, 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p160
Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mau’izhah, 11(1), 1–41. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58
Yahya, M. S. (2024). Pendekatan Holistik Integratif dalam Pembelajaran PAI (Studi Implementasi di SMA Negeri 4 Purwokerto). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gandhi Setya Bimantara, Sulastri Rini Rindrayani, Sulastri Rini Rindrayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License