Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami produk bucket hat batik dan strategi bisnis digital global melalui Program Merdeka Belajar Studi Independen di PT Lacorre Fesyen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Pengujian kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas, dan dependabilitas dilakukan untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat meraih pemahaman mendalam tentang pemasaran digital, keberlanjutan produksi, etika, dan penetrasi pasar internasional. Selain itu, mahasiswa terlibat dalam proyek ekspor dengan mengusulkan inovasi pada produk, seperti pengembangan fungsi ganda. Penerapan Trand Map memberikan pandangan konkret terkait potensi pasar dan persaingan produk. Wawancara dengan mentor-mentor di PT Lacorre Fesyen memberikan wawasan mendalam mengenai strategi pengembangan produk, rantai pasok global, pemasaran global, dan legalitas ekspor. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa dan memberikan kontribusi positif pada upaya peningkatan ekspor produk lokal.

Keywords

Bucket Hat Batik Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Studi Independen Magang Ekspor Produk

Article Details

How to Cite
Sari, P. M., & Lukiani, E. R. M. (2024). Implementasi Program MBKM Magang di PT Lacorre Fesyen Studi Independen Bersertifikat Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha . Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(1), 10-16. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v4i1.21960

References

  1. Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka(Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1).
  2. Pasaribu, A. N., Zaenudin, A., Septiawan, Y., Hadi, H., Ningsih, A. M., Suryaningsih, Siregar, N. F., Kencana, R., Alfiyanto, A., Wahyurianto, Y., Kennedy, P. S. J., Efendi, Y., Utama, I. W. K., Amri, M., Sihab, M., Izzi, M. N. L. A., Mustofa Ali, Artha, F. D., Pratama, I. W. A., & Diwyarthi, N. D. M. S. (2022). Aktualisasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, & Kampus Mengajar di Abad 21M (M. Amri & D. Pertiwi, Eds.; 1st ed.). CV. Global Aksara Pers.
  3. Siyoto, S., & Sodik Ali, M. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (pp. 10–11). Literasi Media Publishing.
  4. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
  5. Suryatno, G. M., & Insana, D. R. M. (2022). DAMPAK PROGRAM MBKM MAGANG STUDI INDEPENDENBERSERTIFIKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHAGLOBAL MAHASISWA SEBAGAI EKSPORTIR BARU 4.0. Jurnal Usaha, 3(2).