Layanan Infromasi Asumsi Dasar Keilmuan Bimbingan dan Konseling

Isi Artikel Utama

Ocen Offando
Jamaris
Solfema

Abstrak

Dalam mencari suatu ilmu itu tidak mungkin terlepas dari suatu asumsi dasar seseorang dimana itu tentu saja harus ada asumsi atau anggapan dasar tentang sesuatu. Asumsi dapat diartikan sebagai dugaan yang diterima sebagai dasar atau landasan berfikir karena dianggap benar sedangkan asumsi dalam filsafat ilmu ini yaitu anggapan atau andaian dasar tentang realitas suatu objek yang menjadi penelaahan atau pondasi bagi penyusunan bagi pengetahuan ilmiah yang diperlukan dalam pengembangan ilmu begitu juga dalam proses pemberian layanan informasi. Karena dalam proses layanan infromasi seorang konselor di perlukan pikiran yang rasional dan kritis serta pengetahuan empiris dan intuisi sehingga layanan yang di berikan dapat di terima dengan efektif. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan artikel atau jurnal yang terkait dengan asumsi dasar keilmuan dalam proses layanan informasi.

Rincian Artikel

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Layanan Infromasi Asumsi Dasar Keilmuan Bimbingan dan Konseling. (2022). Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.19336

Referensi

Irfan,A. (2018). Asumsi-Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan sebagai Basis Penelitian Pendidikan Islam. Forum Ilmiah Volume 15 (2),
El Fiah, R. (2015). Bimbingan dan konseling di sekolah. Lampung : IAIN Raden Intan Lampung.
Fakih, F., & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan informasi dalam pelayanan publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 2(1), 1-7.
Hikmawati, F. (2010). Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Persada.
Habsy, B. A. (2017). Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 1-11.
Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Dan Bimbingan Konseling: Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan. PM Publisher.
Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Harisah.2018. Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta. Deepublish.
Hariyanto, Y., Kristianto, E., & Cia, F. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas dengan Metode WebQual (Studi Kasus Web Universitas Kristen Krida Wacana). Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer.
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan konseling. Rajawali Press.
Ilmi, C. R., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi Faktor Penerimaan Pengguna Sistem Informasi E-Learning Universitas Negeri Surabaya dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
MMuslih, M. (2016). FILSAFAT ILMU. Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Lesfi
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Prayitno. (2018). konseling profesional yang berhasil. PT RajaGrafindo Persada.
Prayitno. (2021). Landasan dan Arah Konseling Profesional. Raja Grafindo Persada.
Lubis, N.A.F. (2015). Pengantar Filsafat Umum. Medan: Perdana Publishing
Saptonoadi, C. F. N. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2018). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Delone and Mclean. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science 6(1), 41–53.
Susanti, W, eT.al. 2022. Pemikiran Kritis dan Kreatif. Jawa Barat. Media Sains Indonesia.
Susanto. (2018). Filsafat Ilmu, Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, Aksiologis. PT. Bumi Aksara.
Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.
Tohirin.(2011).Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah berbasis integrasi.Rajawali Pers:Jakarta.
Triandi, B. (2019). Keamanan informasi secara aksiologi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(5), 477-483.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.
Ulfiah, M. S. (2020). Psikologi Konseling Teori & Implementasi. Prenada Media.
Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah laku sosial pada siswa kelas XII Kr1 di SMKN2 Boyolangu Tulungagung.Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Waston. 2019. Filsafat Ilmu dan Logika. Jawa Tengah. Muhammadiyah University Press.
Wibawa, K. C. S. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 218-234.
Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., ... & Hendra, H. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Yusup, P. M. (2022). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan: Edisi Kedua. Bumi Aksara.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama