Berpikir Kritis dalam Kajian Pendekatan Bimbingan dan Konseling

Main Article Content

Suci Amaliya Fradinata
Jamaris Jamaris
Solvema Solvema

Abstract

Ketrampilan berpikir kritis adalah kemampuan menggunakan akal, pikiran, ide serta kreatifitas untuk mengerjakan, mengembangkan, mengambil keputusan dalam menyelesaikan tugas dan menghasilkan nilai. Berpikir merupakan salah satu dimensi mental yang berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam mengelola sumber informasi pengetahuan. Proses mental menjadi salah satu bagian dari kajian bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling memiliki peran strategis untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencapai perkembangan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir yang optimal. Bimbingan dan konseling sebagai bagian integral dalam sistem pendidikan di sekolah memiliki peran untuk memberikan layanan profesional terhadap dimensi psikologis peserta didik. Terdapat berbagai bentuk strategi yang dapat di terapkan oleh konselor untuk mengembangkan potensi peserta didik. Layanan bimbingan dan konseling merupakan alat penting dalam pendidikan untuk memfasilitasi peserta didik dalam membentuk masa depan. Sebab, perkembangan potensi peserta didik secara utuh hanya akan terjadi dalam lingkungan pengajaran dan pembelajaran yang kondusif, salah satunya difasilitasi oleh konselor dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fradinata, S. A., Jamaris, J., & Solvema, S. (2022). Berpikir Kritis dalam Kajian Pendekatan Bimbingan dan Konseling. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.19402
Section
Artikel

References

Abadi, F. F. (2022). Hubungan resiliensi dengan stress akademik pada santri kelas X sepuluh IPS Al Izzah Leadership School Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Al Asadullah, S., & Nurhalin, N. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Generasi Muda Indonesia. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 12-24.
Annisa. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Yogyakarta: P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Aryanto, S. (2022). Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar.
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7
CAHYA, A. A. (2021). PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTADIDIK KELAS VII SMP N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.
Dalimunthe, D. E., Azzahra, D., Aulia, M., Berutu, S. A., Lubis, R. N., & Azhari, M. T. (2022). Pelayanan, Sarana Prasarana dan Manajemen Bimbingan Konseling di MTsN 2 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13452-13459.
Daryanto Dan Farid M. 2015. Bimbingan Konseling Paduan Guru BK Dan Guru Umum. Yogyakarta: Grava Media
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Djumhur, I dan Moh Suryab1995.Bimbingan Konseling di Sekolah. Bandung : CV.Ilmu.
Fenti Hikmawati, 2016, Bimbingan dan Konseling, (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta)
Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1-14.
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Gunadi, I. (2017). Konsep Etika Menurut Franz Magnis-Suseno. UIN Ar-Raniry Banda Aceh Hakim,A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science, 4(2), 1–12.
Handayani, I. (2019). Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 51-63.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Hassoubah, I. J. 2004. Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa
Hassoubah, Zaleha. 2004. Developing Creative And Crtical Thinking. Bandung :Penerbit Nuansa.
Ilmiyah, R. (2020). Hubungan antara etika berperilaku dengan kemampuan berpikir logis dan konformitas pada siswa sekolah menengah pertama di sidoarjo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 4(1), 1–9
Ismail, I. (2022). Refleksi dalam Pembelajaran Inkuiri: dampaknya pada Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 192-197.
Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan
Nugroho, A. R. (2022). OPTIMALISASI KETERAMPILAN MANAJEMEN KARIER (CAREER MANAGEMENT SKILLS) GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 105-116.
Nurfadhillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Pedoman bagi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusu. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nursalim M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud. (2014). 111 Tahun 2014. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan abad 21: Kompetensi digital pendidik masa depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).
Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., ... & Walukow, D. S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80-95.
RAGIL, T. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Rahmana, Hibana s,2003. Bimbingan Konseling Pola 17. Yogyakarta;UCY Press Yogyakarta.
Rajagukguk, S. R. J., Sibagariang, S., Sinaga, N. R., Sitompul, H. Y., & Widiastuti, M. (2022). DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BERKOSENTRASI. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 383-402.
Randi, P. O., Suhaili, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Urgensi kesadaran karier sejak dini (sekolah dasar). JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 203-207.
Salahuddin, M., & Ramdhani, L. (2022). Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 266-2673.
Sari, N. F. (2022). Implementasi Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-nasuchiyyah Ngembalrejo Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Sari, W. K. (2020). Pelaksanaan Konseling Khusus Bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Komunitas Jaringan ODHA Berdaya Provinsi Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Simanullang, A., Larasati, T. G., & Cendana, W. (2021). Aplikasi edukey sebagai sarana bimbingan belajar daring untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 33-41.
Surya, Moh. 1988. Konseling pendidikan (teori dan konsep). Yogyakarta;Kota Semarang
Surya, Moh. 2011. Psikologi Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Suwarna, Dina Mayadina.2009.Kemampuan Untuk Berpikir Kritis Matematika.Jakarta : Cakrawala Mahakarya
Suwarna, Dina Mayadina.2009.Kemampuan Untuk Berpikir Kritis Matematika.Jakarta : Cakrawala Mahakarya
Wulandari, E. (2022). Penyelenggaraan Program Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi. Penerbit NEM.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
Zaini, M. (2021). Urgensi penelitian pengembangan dalam menggali keterampilan berpikir kritis. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_peneletian_kepustakaan/iIV8zwHnGo0C?hl=id&gbpv=1&dq=tujuan+studi+kepustakaan&printsec=frontcover
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_peneletian_kepustakaan/iIV8zwHnGo0C?hl=id&gbpv=1&dq=tujuan+studi+kepustakaan&printsec=frontcover