Analisis Ontologi Pengembangan Kehidupan Beragama dalam Bimbingan dan Konseling

Isi Artikel Utama

Citra Bella Prawita
Jamaris
solfema

Abstrak

Agama menjadi sendi-sendi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Agama dan kehidupan adalah suatu topik yang aktratif dalam pembahasan sehari-hari karena dapat dijangkau dalam ilmu ontologi. Kebanyakan orang berpikir bahwa klien yang melakukan kejahatan karena mereka tidak memiliki pengetahuan agama dan moral. Sehingga peran konselor yang melakukan bimbingan konseling harus paham dan mengerti bagaimana membimbing klien dan menyelesaikan persolanannya berdasarkan agama dengan menganalisisnya secara ontologi. Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode dokumentasi. Pada kajian ini analisa data mengikuti pedoman miles & Huberman, yaitu data collection, display data, data reduction dan conclusions. Seseorang dengan naluri beragama akan sadar konsep dan keadaan mengenai potensi untuk mengenal Tuhannya. Agama dapat memberikan rasa aman, damai dan kebahagiaan pada setiap penganutnya. Rasa bahagia akan mengaktifkan hormon beta endorpin. Penyelesaian atas setiap permasalahan mengenai jiwa dalam agama khususnya agama islam agar terpelihara jiwa yang sehat dan positif adalah dengan melalui segala hal yang telah menjadi kewajiban dalam mengikuti perintah dan menghindarkn diri dari larangan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Prawita, C. B., Jamaris, & Solfema. (2022). Analisis Ontologi Pengembangan Kehidupan Beragama dalam Bimbingan dan Konseling. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 86-93. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.19449
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Anwar. (2019). Karakteristik Ontologi Pendidikan Islam: Penguatan Aspek Teosentris Dan Humanistik. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner ), 3(1), 30–41.
Azisi, A. M. (2020). Peran Agama Dalam Memelihara Kesehatan Jiwa Dan Sebagai Kontrol Sosial Masyarakat. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 11(2), 55–75. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view/1683
Bastomi, H. (2017). Menuju Bimbingan Konseling Islami. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.4434
Fatimah, Z. & S. (2019). Kesehatan Mental dan Kebahagiaan. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(1), 18–38. https://doi.org/10.32923/maw.v10i1.715
Febrini, D. (2020). Bimbingan & Konseling (1st ed.). CV Brimedia Global. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5129/1/BIMBINGAN DAN KONSELING_NASKAH BUKU_DENI FEBRINI.pdf
Hayati, N. (2021). Konsep Manusia Berdasarkan Tinjauan Filsafat (Telaah Aspek Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Manusia). Forum Paedagogik, 12(1), [23 p.].
Lubis, R. (2019). Psikologi Agama. Perdana Publishing.
Miharja, S. (2020). Menegaskan Definisi Bimbingan Konseling Islam, Suatu Pandangan Ontologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 14. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.6956
Naan. (2018). Motivasi Beragama dalam Mengatasi Rasa Frustasi. Syifa Al-Qulub, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.15575/saq.v3i1.3138%0Ahttps://journal.uinsgd.ac.id/index.php/syifa-al-qulub/article/view/3138
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (Vol. 53, Issue 9). Erhaka Utama.
Sinta Dewi, N. R. (2022). Konsep Simbol Kebudayaan: Sejarah Manusia Beragama Dan Berbudaya. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(1), 1. https://doi.org/10.22373/arj.v2i1.12070
Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan dan Agama. Penerbit K-Media Yogyakarta. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2620/1/Psikologi Perkembangan dan Agama.pdf
Amane, A. P. O., & Laali, S. A. (2022). Metode Penelitian. Insan Cendekia Mandiri.
Anisa, F. V., Fitrisia, A., & Ofianto, O. (2022). Ilmu Administrasi Ditinjau dari Aspek Espitemologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4666-4671.
Arif, M., & Darwati, Y. (2022). COHERENCE OF MULTICULTURAL LIFE OF THE TANON PEOPLE, PAPAR DISTRICT, KEDIRI REGENCY: KOHERENSI KEHIDUPAN MULTIKULTURAL DI MASYARAKAT DESA TANON KEC. PAPAR KAB. KEDIRI. EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM, 31(1), 73-91.
Faradi, A. A. (2019). TEORI-TEORI KEBENARAN DALAM FILSAFAT (URGENSI DAN SIGNIFIKASINYA DALAM UPAYA PEMBERANTASAN HOAXS). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 97-114.
Farhan, I., & Arafat, A. T. (2021). Tasawuf, Irfani, Dan Dialektika Pengetahuan Islam. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2), 217-248.
Fikri, M. (2019). Telaah Kritis Gerhana Flat Earth Dalam Perspektif Teori Kebenaran Pragmatis. AL-AFAQ: Jurnal Ilmu Falak dan Astronomi, 1(2).
Frarera, A. N., Mariyati, M., Batubara, N. K. I., Salminawati, S., & Hidayat, R. (2022). Dasar Pengetahuan dan Kriteria Kebenaran Perspektif Barat dan Islam. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 7(2), 318-337.
Fuad, M. A. Z., Sartimbul, A., Iranawati, F., Sambah, A. B., Yona, D., Hidayati, N., ... & Rahman, M. A. (2019). Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan: Prinsip Dasar Penelitian, Pengambilan Sampel, Analisis, dan Interpretasi Data. Universitas Brawijaya Press.
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi.
Haris, A., & Indonesia, P. R. C. (2022). Filsafat Ilmu. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
HASAN, K. (2019). Memahami Kebenaran dalam Perspektif Filsafat Administrasi. Meraja journal, 2(1).
Hayati, I. N. (2021). KEBENARAN ILMIAH DALAM HUKUM. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam, 5(2).
Hutabarat, D. T. H., Rosdiana, R., Sitorus, D. M., Yolanda, B., Sajali, E., Aisyah, N., ... & Ramadhani, M. R. (2022). KAJIAN HUKUM DAN KEBENARAN. Nusantara Hasana Journal, 1(10), 34-38.
Kudus, H. H. A. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 32(1), 1-11.
Mahmudi, W. L., & Luthfi, F. (2020). Kebenaran Ilmiah (Perspektif Ilmu Ekonomi Islam). Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 16(2), 139-146.
Nawawi, M. A., & Abd Muid, N. (2019). Konstruksi Wacana Rasionalitas dalam Buku Argumen Kesetaraan Jender Karya Nasaruddin Umar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), 196-210.
Padli, M., & Mustofa, M. (2021). Kebenaran dalam Perspektif Filsafat serta Aktualisasinya dalam Men-Screening Berita. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 78-88.
Purwanto, P., & Tjahjono, T. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Sebagai Pengarakteran. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(2), 46-77.
Putri, R. A., Anwar, M., & Ansoriyah, S. (2020). Penyebab Kesalahan Kohesi Leksikal dan Grmatikal dalam Karangan Eksposisi Siswa. Deiksis, 12(02), 206-219.
Putriana, T. (2021). Analisis Konten Jurnal: Kohesi Leksikal dalam Berita Utama Harian Riau Pos dalam Kajian: Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 71-81.
Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172-186.
Setiawan, D. (2019). Filsafat komunikasi dalam makrokosmos. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 5(2), 73-87. Hutabarat, D. T. H., Rosdiana, R., Sitorus, D. M., Yolanda, B., Sajali, E., Aisyah, N., ... & Ramadhani, M. R. (2022). KAJIAN HUKUM DAN KEBENARAN. Nusantara Hasana Journal, 1(10), 34-38.
Sidik, M. (2021). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IX SMP ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BATAM. JURNAL AS-SAID, 1(2), 33-39.
Siregar, M. D., & Partha, I. D. P. (2020). Mengatasi Masalah Belajar Membaca Melalui Tutor di SD Negeri 2 Selong. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 4(1), 20-26.
Sudiantara, Y. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan: Bagian pertama, Inti Filsafat Ilmu Pengetahuan. SCU Knowledge Media.
Sugianta, I. K. A. (2022). Pengaruh Teknologi Zaman Modern Atas Pembentukan Konkret Kehidupan Manusia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 5(2), 105-113.
Syukur, Y., & ZAHRI, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH Book Publisher.
Wibowo, T. H. (2021). Persinggungan Filsafat dengan Bahasa Arab. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 1(02), 105-114.
Wutsqo, B. U., Amalianingsih, R., Kiranida, O., & Marjo, H. K. (2021). Masalah Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 51-59.
Yudaningsih, N. (2021). BAB 6 PRINSIP-PRINSIP BIMBINGAN KARIER. BIMBINGAN KARIER: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, 88.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'