Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Nilai Dan Moral Pada Siswa
Main Article Content
Abstract
Pada saat ini ditemui siswa yang bertingkah laku tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat, tingkah laku yang dapat dikatakan memiliki moral yang rendah atau bahkan dianggap tidak bermoral, hal ini tergantung batasan nilai-nilai moral itu sendiri. Nilai-nilai moral adalah bagian penting dalam pembentukan kepribadian siswa sehingga sebagai pedoman untuk bertingkah laku, Penilaian terhadap moral adalah bersifat abstrak, karena keabstrakannya ini maka pembentukan nilai-nilai moral dapat dilakukan dengan cara menanamkannya pada pembelajaran. Guru bimbingan dan konseling dapat menjadi model bagi siswanya dalam bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dari berbicara, bersikap dan mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan nilai dan moral pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan memanfaatkan artikel dan jurnal yang terkait dengan nilai dan norma. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru BK dapat mengupayakan cara untuk meningkatkan nilai dan moral pada siswa yaitu dengan cara memberikan layanan-layanan BK
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
AGUSTINA, A. (2022). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL LUMPU KARYA TERE LIYE (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA) (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).
Arbaniyah, R., & Muchlisin, M. A. (2022). Implementasi Pembiasaan dalam Pengembangan Aspek Nilai agama dan Moral Di BA ‘Aisyiyah Krakitan I Bayat Klaten. JURNAL PAUD, 2(2), 1-10.
ARISKA, W. (2021). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Arnianti, A. (2021). Perkembangan Moral. TSAQOFAH, 1(1), 1-13.
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107-119.
Darmawan, I. P. A., & Putra, I. N. M. (2021). Penghayatan Nilai-Nilai Cerita Itihasa Melalui Pentas Seni Pramuka Di Smp Parama Dipta Gulingan. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9-17.
El Fiah, R. (2015). Bimbingan dan konseling di sekolah. Lampung : IAIN Raden Intan Lampung.
Fakih, F., & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan informasi dalam pelayanan publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 2(1), 1-7.
Firdaus, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 184-191.
Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178.
Habsy, B. A. (2017). Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 1-11.
Hamid, I. (2022). Cegah Degradasi Moral dengan Bimbingan Kesalehan Sosial. Haura Utama.
Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Dan Bimbingan Konseling: Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan. PM Publisher.
Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Harisah.2018. Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta. Deepublish.
Hariyanto, Y., Kristianto, E., & Cia, F. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas dengan Metode WebQual (Studi Kasus Web Universitas Kristen Krida Wacana). Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer.
Hikmawati, F. (2010). Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Persada.
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan konseling. Rajawali Press.
Ilmi, C. R., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi Faktor Penerimaan Pengguna Sistem Informasi E-Learning Universitas Negeri Surabaya dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Irfan,A. (2018). Asumsi-Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan sebagai Basis Penelitian Pendidikan Islam. Forum Ilmiah Volume 15 (2),
Isnaningrum, Y. W., & Arifin, Z. (2021). Nilai Moral dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Istati, M., Rahmi, N., & Fatmah, F. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Lagu Banjar untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa SMP Negeri 1 Gambut. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 252-259)
Jamiatul, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua danPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-9.
Joyo, P. R. (2020). DIALEKTIKA MORAL DALAM TEKS SARASAMUCCAYA. Dharma Duta, 18(2), 59-82.
Lubis, N.A.F. (2015). Pengantar Filsafat Umum. Medan: Perdana Publishing
MMuslih, M. (2016). FILSAFAT ILMU. Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Lesfi
Musyofah, T., Warsah, I., & Hartini, H. (2022). Analisis Terapi Do’a Dalam Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Individual. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 788-802.
Muthohharoh, M., & Karneli, Y. (2020). Layanan konseling perorangan dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Guidance, 17(01), 14-9.
Mutia, S. (2021). PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DISEKOLAH. Intelektualita, 7(01).
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik SiSwa Di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Pahlawati, E. F. (2020). Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 5(2), 350-373.
Pasolong, H. (2020). Etika Profesi. Nas Media Pustaka.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pramusuari, A. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Prayitno. (2018). konseling profesional yang berhasil. PT RajaGrafindo Persada.
Prayitno. (2021). Landasan dan Arah Konseling Profesional. Raja Grafindo Persada.
Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan kelompok dalam pemahaman nilai empati untuk meningkatkan sikap prososial siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14-19.
Rumondor, P., Mamonto, S. B., & Suryani, O. A. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bongkudai. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 17(2), 167-179.
Saptonoadi, C. F. N. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2018). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Delone and Mclean. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science 6(1), 41–53.
Subandrijo, B. (2020). Analisis Peran Hati Nurani dalam Surat-Surat Paulus dan Etika Kristen An Analysis of the Role of the Conscience in the Pauline Letters and Christian Ethics.
Susanti, W, eT.al. 2022. Pemikiran Kritis dan Kreatif. Jawa Barat. Media Sains Indonesia.
Susanto. (2018). Filsafat Ilmu, Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, Aksiologis. PT. Bumi Aksara.
Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173-186.
Tohirin.(2011).Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah berbasis integrasi.Rajawali Pers:Jakarta.
Triandi, B. (2019). Keamanan informasi secara aksiologi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(5), 477-483.
Trinanda, M. A., & Suryana, D. URGENSI PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI THE URGENCY OF INSTILLING MORAL VALUES IN EARLY CHILDHOOD.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.
Ulfiah, M. S. (2020). Psikologi Konseling Teori & Implementasi. Prenada Media.
Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227-2234.
Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah laku sosial pada siswa kelas XII Kr1 di SMKN2 Boyolangu Tulungagung.Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Wasono, M. P. J. (2019). Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Waston. 2019. Filsafat Ilmu dan Logika. Jawa Tengah. Muhammadiyah University Press.
Wibawa, K. C. S. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 218-234.
Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., ... & Hendra, H. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Yusup, P. M. (2022). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan: Edisi Kedua. Bumi Aksara