Kebenaran Ilmiah dalam Bimbingan Konseling
Main Article Content
Abstract
Sebagai seorang manusia yang terus berkembang di era modern ini tentunya manusia itu sendiri akan terus menggali ilmu pengetahuan yang tanpa batas, guna menunjang kecanggihan yang terus terjadi sehingga juga berdampak pada ekonomi yang semakin mapan. Dengan hal tersebut, manusia akan terus berusaha untuk menemukan sebuah kebenaran. Untuk menemukan kebenaran tersebut perlunya pengalaman atau empiris lalu yang diperoleh oleh manusia itu sendiri sehingga menemukan hasil yang lewat penalaran rasional, juga kejadian-kejadian yang berlaku tersebut dapat dimengerti. Begitu halnya pula dengan Bimbingan Konseling yang didalam ilmunya ada kebenaran ilmiah yang didapatkan, sehingga ilmu Bimbingan Konseling dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi konselor dalam memberikan layanan kepada peserta didiknya atau kliennya
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Anisa, F. V., Fitrisia, A., & Ofianto, O. (2022). Ilmu Administrasi Ditinjau dari Aspek Espitemologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4666-4671.
Arif, M., & Darwati, Y. (2022). COHERENCE OF MULTICULTURAL LIFE OF THE TANON PEOPLE, PAPAR DISTRICT, KEDIRI REGENCY: KOHERENSI KEHIDUPAN MULTIKULTURAL DI MASYARAKAT DESA TANON KEC. PAPAR KAB. KEDIRI. EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM, 31(1), 73-91.
Faradi, A. A. (2019). TEORI-TEORI KEBENARAN DALAM FILSAFAT (URGENSI DAN SIGNIFIKASINYA DALAM UPAYA PEMBERANTASAN HOAXS). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 97-114.
Farhan, I., & Arafat, A. T. (2021). Tasawuf, Irfani, Dan Dialektika Pengetahuan Islam. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2), 217-248.
Fikri, M. (2019). Telaah Kritis Gerhana Flat Earth Dalam Perspektif Teori Kebenaran Pragmatis. AL-AFAQ: Jurnal Ilmu Falak dan Astronomi, 1(2).
Frarera, A. N., Mariyati, M., Batubara, N. K. I., Salminawati, S., & Hidayat, R. (2022). Dasar Pengetahuan dan Kriteria Kebenaran Perspektif Barat dan Islam. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 7(2), 318-337.
Fuad, M. A. Z., Sartimbul, A., Iranawati, F., Sambah, A. B., Yona, D., Hidayati, N., ... & Rahman, M. A. (2019). Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan: Prinsip Dasar Penelitian, Pengambilan Sampel, Analisis, dan Interpretasi Data. Universitas Brawijaya Press.
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi.
Haris, A., & Indonesia, P. R. C. (2022). Filsafat Ilmu. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
HASAN, K. (2019). Memahami Kebenaran dalam Perspektif Filsafat Administrasi. Meraja journal, 2(1).
Hayati, I. N. (2021). KEBENARAN ILMIAH DALAM HUKUM. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam, 5(2).
Hutabarat, D. T. H., Rosdiana, R., Sitorus, D. M., Yolanda, B., Sajali, E., Aisyah, N., ... & Ramadhani, M. R. (2022). KAJIAN HUKUM DAN KEBENARAN. Nusantara Hasana Journal, 1(10), 34-38.
Kudus, H. H. A. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 32(1), 1-11.
Mahmudi, W. L., & Luthfi, F. (2020). Kebenaran Ilmiah (Perspektif Ilmu Ekonomi Islam). Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 16(2), 139-146.
Nawawi, M. A., & Abd Muid, N. (2019). Konstruksi Wacana Rasionalitas dalam Buku Argumen Kesetaraan Jender Karya Nasaruddin Umar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), 196-210.
Padli, M., & Mustofa, M. (2021). Kebenaran dalam Perspektif Filsafat serta Aktualisasinya dalam Men-Screening Berita. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 78-88.
Purwanto, P., & Tjahjono, T. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Sebagai Pengarakteran. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(2), 46-77.
Putri, R. A., Anwar, M., & Ansoriyah, S. (2020). Penyebab Kesalahan Kohesi Leksikal dan Grmatikal dalam Karangan Eksposisi Siswa. Deiksis, 12(02), 206-219.
Putriana, T. (2021). Analisis Konten Jurnal: Kohesi Leksikal dalam Berita Utama Harian Riau Pos dalam Kajian: Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 71-81.
Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172-186.
Setiawan, D. (2019). Filsafat komunikasi dalam makrokosmos. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 5(2), 73-87. Hutabarat, D. T. H., Rosdiana, R., Sitorus, D. M., Yolanda, B., Sajali, E., Aisyah, N., ... & Ramadhani, M. R. (2022). KAJIAN HUKUM DAN KEBENARAN. Nusantara Hasana Journal, 1(10), 34-38.
Sidik, M. (2021). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IX SMP ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BATAM. JURNAL AS-SAID, 1(2), 33-39.
Siregar, M. D., & Partha, I. D. P. (2020). Mengatasi Masalah Belajar Membaca Melalui Tutor di SD Negeri 2 Selong. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 4(1), 20-26.
Sudiantara, Y. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan: Bagian pertama, Inti Filsafat Ilmu Pengetahuan. SCU Knowledge Media.
Sugianta, I. K. A. (2022). Pengaruh Teknologi Zaman Modern Atas Pembentukan Konkret Kehidupan Manusia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 5(2), 105-113.
Syukur, Y., & ZAHRI, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH Book Publisher.
Wibowo, T. H. (2021). Persinggungan Filsafat dengan Bahasa Arab. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 1(02), 105-114.
Wutsqo, B. U., Amalianingsih, R., Kiranida, O., & Marjo, H. K. (2021). Masalah Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 51-59.
Yudaningsih, N. (2021). BAB 6 PRINSIP-PRINSIP BIMBINGAN KARIER. BIMBINGAN KARIER: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, 88.