Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Dongeng Bahasa Jawa untuk SMP Kelas VII
Interactive Multimedia as a Learning Media for Listening to Javanese Folktales for 7th Grade Junior High School
Abstract
Pembelajaran menyimak pada mata pelajaran Bahasa Jawa salah satunya adalah menyimak dongeng yang berada di kelas VII. Saat ini di Jawa Timur Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di sekolah- sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development (R&D). Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware) seperti buku, alat tulis, dan alat pembelajaran lainnya. Akan tetapi dapat pula dalam bentuk perangkat lunak (software). prosedur pengembangan atau langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini terdiri atas sepuluh tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danandjaja, James. 1994. Foklor Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dll. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Penerbit Kota Kembang.
m-edukasi. 2012. Fungsi Media Pembelajaran, (Online), (www.m- edukasi.we.id/2012/04/fungsi-media-pembelajaran), diakses 24 Maret 2013.
Oetomo, Budi S. D. 2002. e-Education: Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pratiwi, Yuni. 1991. Memahami Tujuan dan Materi Pelajaran Apresiasi Sastra: Buku Penunjang Perkuliahan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.
Riley, Philip. 2011. Attachment Theory and the Teacher-Student Relationship. London: Rouledge.
Santoso, Puji. 1996. Pengetahuan dan Apresiasi Kesusasteraan dalam Tanya Jawab. Flores: Nusa Indah.
Setiyono. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan. Madiun: SMP Negeri 1 Dagangan.
Smaldino, Sharon E. dkk. 2005. Instructional Technology and Multimedia for Learning (8th Edition). New Jersey: Columbus Person Education.
Soedjiatno. 1992. Keterampilan Menyimak dan pengajarannya I. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia: untuk SMU. Jakarta: Erlangga.
Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Penilaian, dan Pemanfaatan. Bandung: CV. Wacana Prima.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyono, S. 2008. Perancangan Animasi Tiga Dimensi dan Multimedia Interaktif Pendukung Promosi Perumahan Griya Candirejo Asri. Yogyakarta: Politeknik Seni.
Wahyudi & Roekhan. 1992. Teori Kesusasteraan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.
Zahro, Azizatul & Sulistyorini, Dwi. 2010. Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: Asis Asah Asuh.
Copyright (c) 2022 Marista Dwi Rahmayantis, Encil Puspitoningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0