Acuan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK Berbasis Filsafat Ilmu
Reference for the Development of Indonesian Language Learning Media at the High School/Vocational School Level Based on the Philosophy of Science
Abstract
Penelitian ini berfokus pada acuan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis filsafat ilmu. Media pembelajaran berperan penting dalam keberlangsungan dalam mendidik siswa karena media pembalajaran merupakan suatu alat yang digunakan guru dalam mentransfer pengetahuan guru kepada siswa melalui perantara berupa media. Dalam pembuatan media wajib memperhatikan kondisi peserta didik dan kondisi sekolah supaya media yang dibuat oleh guru dapat berguna dan dimanfaatkan. Pada kasus seperti itu, ditemukan beberapa guru yang kesulitan membuat media seperti kesulitan dalam memberikan pemahaman kepada siswa, menentukan jenis media, kurangnya pemahaman guru dalam pembuatan bahan ajar dan media pembelajaran, kecenderungan siswa yang bosan karena kurang menarik, dan berbagai macam permasalahan yang ada. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dibuatkan suatu acuan dalam mengembangkan media dengan menggunakan dasar teori filsafat mulai dari landasan filosofi, landasan psikologi, landasan teknologis, landasan empiris, filsafat teoritis, filsafat praktika, dan filsafat produktif. Tujuan dari penelitian ini untuk membantu guru dalam mengembangkan media dan acuan ini dapat dijadikan dasar sebelum membuat media dengan terlebih dahulu memahami karakter peserta didik dan kondisi kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, observasi, dan wawancara. Acuan pengembangan media berbasis filsafat ini jika dijalankan dengan baik maka dapat membantu mengembangkan media yang digunakan.
References
Akbar, Reza Rizki Ali. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.
Atmaja, I Made Dharma. 2020. Filsafat Ilmu Sebagai Pembentukan Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 10(1), 20—26. Januari 2020. FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Darsini, Fahrurozi, dan Cahyono Eko Agus. 2019. Pengetahuan Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 95—107. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang.
Devinta, Maully Syfia. 2018. Landasan Filosofi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Fatoni Abdurahman. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Gharawiyan, Mohsen. 2012. Pengantar Memahami Buku Daras Filsafat Islam: Penjelasan Untuk Mendekati Analisis Teori Filsafat Islam. Jakarta: Sadra Press.
Haris, abd. 2010. Etika Hamka: Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Yogyakarta: LKiS
Hazna, Maulidya. 2020. Hambatan Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual di MTs Yapi Pakem. Skirpsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Ihsan, Ari Wahid. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Adobe Flash Cs3 Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Medan.
Ishak, Saidulkarnain. 2014. Jurnalisme Modern Panduan Praktis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Jdih Kemenkeu. 2005. Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. (Online), (https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm#:~:text=Guru%20adalah%20pendidik%20profesional%20dengan,pendidikan%20dasar%2C%20dan%20pendidikan%20menengah). Diakses, 29 November 2022.
Kamiludin, K & Suryaman, M. 2017. Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58—67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391
Khatibah. 2011. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 05(1), 36—39. Mei 2011. UIN Sumatra Utara
Kristanto, Andy. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang.
Lmsspada kemdikbud. Landasan Filosofi dan rasional Teknologi Pendidikan. (Online), (https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/145252/mod_resource/content/1/TM11%2Landasan%20filosofis.pdf). Diakses, 12 Oktober 2022.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong J. Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musdiani. 2011. Aliran-aliran Dalam Filsafat. Jurnal Visipena, 2(2), 10—16. STKIP Bina Bangsa Getsempena. (Musdiani, Dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena, Jalan Tgk Chik Di Tiro, Peuniti, Banda Aceh, Telepon 0651-33427, Email: musdiani@stkipgetsempena.ac.id)
Niswaty, R and Arhas, SH. 2019. The Effect of Learning Media on Progress Quality in Office Administration Program in Vocational School Negeri 1 Watampone Bone Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1387, 1—6. Published under licence by IOP Publishing Ltd. DOI 10.1088/1742-6596/1387/1/012042
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24—44. November 2013. Doktor Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.
Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interkasi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 2(2), 71—79. Febuari 2015. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.
Safriadi. 2016. Landasan Filosofis Dan Psikologis Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mudarrisuna, 6(1), 53—76. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Soeparno 1988. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Inter-Pariwisata.
Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Tedjo Narsoyo Reksoatmojo. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Rafika Aditama.
Yousda, Amiran. I Ine, Arifin, Zainal. 1993. Penelitian dan Statistik Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2023 Cindy Reichmann Andriwardhaya, Miftakhul Huda, Yunus Sulistyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0