Penerapan Literasi Baca-Tulis dan Literasi Numerasi di Kelas Bawah Sekolah Dasar

Implementation of Reading-Writing Literacy and Numeracy Literacy in Lower Grades of Elementary School

Authors

  • Dewi Indah Susanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Jatut Yoga Prameswari Universitas Indraprasta PGRI
  • Sudiyah Anawati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330

Keywords:

literasi baca tulis, literasi numerasi, sekolah dasar

Abstract

Dalam budaya literasi kaitanya sangat erat dengan dunia pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan penguasaan literasi merupakan indikator yang sangat. Kurangnya bahan bacaan dan praktik literasi yang belum sesuai dinilai sebagai faktor penyebab rendahnya literasi masyarakat Indonesia. Mendeskripsikan penerapan literasi di sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian ini. Pada penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program gerakan literasi di sekolah yang sudah dilaksanakan secara konsisten yaitu: (1) Program literasi ada 3 kali dalam sepekan. (2) Litarsi baca-tulis berbahasa Indonesia dan Inggris. (3) literasi numerasi.

References

Destrinelli, D, and S Hayati. 2022. “Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Journal of Human and Education (JAHE) 2. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/29.

Devega, and Evita. 2017. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.” Https://www.kominfo.go.id.

Kasih, and Ayunda Pininta. 2020. “5 Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Indonesia Halaman All - Kompas.Com.” https://www.kompas.com.

Kemendikbud. 2017. “Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan 53(9): 1689–99.

Mas, Sitti Roskina, Noval K. Putra Daud, and Novianty Djafri. 2019. “Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Dan Swasta Di Wilayah Purwokerto Kota.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 4(1): 45–51.

Mutji, Elsye, and Like Suoth. 2021. “Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(1): 103–13.OECD. 2018. PISA 2015.

Puspitoningrum, E . 2015 Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas VII. Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, and Inggrid Dyah Ganestri. 2021. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa.” Jurnal Varidika 33(1): 54–62.

Sari, Ika Fadilah Ratna. 2018. “Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(1): 89–100.

Suwendra, Wayan. 2018. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF."

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-15

How to Cite

Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan Literasi Baca-Tulis dan Literasi Numerasi di Kelas Bawah Sekolah Dasar: Implementation of Reading-Writing Literacy and Numeracy Literacy in Lower Grades of Elementary School. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 78–84. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330

Issue

Section

Article