Penerapan Literasi Baca-Tulis dan Literasi Numerasi di Kelas Bawah Sekolah Dasar
Implementation of Reading-Writing Literacy and Numeracy Literacy in Lower Grades of Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330Keywords:
literasi baca tulis, literasi numerasi, sekolah dasarAbstract
Dalam budaya literasi kaitanya sangat erat dengan dunia pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan penguasaan literasi merupakan indikator yang sangat. Kurangnya bahan bacaan dan praktik literasi yang belum sesuai dinilai sebagai faktor penyebab rendahnya literasi masyarakat Indonesia. Mendeskripsikan penerapan literasi di sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian ini. Pada penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program gerakan literasi di sekolah yang sudah dilaksanakan secara konsisten yaitu: (1) Program literasi ada 3 kali dalam sepekan. (2) Litarsi baca-tulis berbahasa Indonesia dan Inggris. (3) literasi numerasi.
References
Devega, and Evita. 2017. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.” Https://www.kominfo.go.id.
Kasih, and Ayunda Pininta. 2020. “5 Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Indonesia Halaman All - Kompas.Com.” https://www.kompas.com.
Kemendikbud. 2017. “Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan 53(9): 1689–99.
Mas, Sitti Roskina, Noval K. Putra Daud, and Novianty Djafri. 2019. “Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Dan Swasta Di Wilayah Purwokerto Kota.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 4(1): 45–51.
Mutji, Elsye, and Like Suoth. 2021. “Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(1): 103–13.OECD. 2018. PISA 2015.
Puspitoningrum, E . 2015 Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas VII. Universitas Nusantara Pgri Kediri.
Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, and Inggrid Dyah Ganestri. 2021. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa.” Jurnal Varidika 33(1): 54–62.
Sari, Ika Fadilah Ratna. 2018. “Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(1): 89–100.
Suwendra, Wayan. 2018. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF."
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0