Pengalaman Komunikasi Dialogis Para Guru dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan

Teachers' Dialogic Communication Experiences in Improving the Quality of Educational’s Service

  • Heri Ismanto Sekolah Dasar Mardi Rahayu 01, Indonesia
  • Rian Antony Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Carolus Borromeus Mulyatno Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Abstract views: 110 , pdf downloads: 39
Keywords: dialogic communication, educational services, teacher

Abstract

Komunikasi dialogis merupakan salah satu pilar penting pelaksanaan layanan pendidikan. Praktik komunikasi dialogis di sekolah perlu diapresiasi dan diorientasikan pada pengembangan layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengalaman para guru dalam melaksanakan komunikasi dialogis dalam melaksanakan layanan pendidikan yang berkualitas. Metode pengumpulan data menggunakan platform google form. Data-data terkait pengalaman para guru di salah satu sekolah swasta di kabupaten Semarang dalam melaksanakan komunikasi dialogis dianalisis dengan  menggunakan kerangka teori Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para guru melaksanakan komunikasi dialogis dengan jujur, aktif, terbuka, dan saling menghargai demi terwujudnya iklim kehidupan bersama dan kerjasama yang kondusif. Para guru menyadari makna komunikasi dialogis untuk pengembangan diri, pelaksanaan tugas dan pengembangan lembaga. Masih sangat sedikit guru yang menghubungkan pengalaman komunikasi dialogis dengan pendampingan siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Management sekolah perlu memfasilitasi pembiasaan komunikasi dialogis antar guru untuk mengembangkan panggilan guru dalam mendampingi setiap siswa.

References

Alexander. (2020). A Dialogic Teaching Companion. Routledge.

Ali, O; Demiray, G. (2019). Study of the Relationship Between School Managers’ Communicative Skills and Schools’ Atmosphere. Journal of Education and Learning, 8(2), 145–164.

Andriwardhaya, C.R; Huda, M; Sulistyono, Y. (2023). Acuan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK Berbasis Filsafat Ilmu: Reference for the Development of Indonesian Language Learning Media at the High School/Vocational School Level Based on the Philosophy of Science. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(1), 72–85.

Antony, R. (2022a). Komunikasi dialogis sebagai ekspresi pendidikan pemerdekaan YB Mangunwijaya (studi kasus di sekolah dasar eksperimental mangunan). [Tesis]. Univeritas Atma Jay Yogyakarta.

Antony, R. (2022b). Peran Komunikasi Dialogis Guru dan Mitra Didik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Eksperimental Mangunan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 42–50.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Press.

Creswell, J.W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixeed Methods Approaches (Sage).

Creswell, J.W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design. Sage Publication.

Creswell, J. W. (2012). Educational Researceh: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson.

Indarti, S.; Febriani, R. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Guru Profesional di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mawaddah Gebang. Turwurihandayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 43–53.

Johannesen, Valde. ; Whedbee. (2008). Ethics in Human Communication. Waveland Press.

Kholili, A. ; Rokhman, M. (2021). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Online Terhadap Kualitas Kepemimpinan Kepala Madrasah. Review of Islamic Education, 1(1), 25–34.

Mangunwijaya, Y. B. (2020). Sekolah Merdeka: Pendidikan Pemerdekaan. Kompas.

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (PT. Remaja).

Mulyasa, C. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Mulyatno, C. B. (2020). Religiosity and Socio-Ecological Spirituality of Indonesian Community According to Y. B. Mangunwijaya. International Journal of Science and Society, 2(2), 394–409.

Mulyatno, C. B.,; & Pradana, A. W. (2022). Komunikasi Dialogis Guru dan Orangtua dalam Mendampingi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Ijd-Demos, 4(1).

Nasukah, B.; Sulistyorini, S.; Winarti, E. (2020). Peran komunikasi efektif dalam meningkatkan kinerja institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–93.

Puspitoningrum, E. (2018). Implementasi Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran pada Materi Membaca Aksara Jawa Siswa SMA: Implementation of Literacy to Improve Learning Motivation on Javanese Script Reading Material for High School Students. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(1), 35–45.

Smith, J. A.,; Flower, P.; Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis : Theory, methods, and research. Sage Publication.

Solihah, H. (2018). Implementasi Manajemen SDM Di MAN Yogyakarta III. Al Fikr: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 58.

Susan, E. (2019). Management sumber daya. ADDARA: Jurnal Management Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Taylor., Michael. ; (2014). Dialogic Engagement: Clarifying Foundational Concepts. Journal of Public Relations Research, 26, 384–398.

Terry, G.; Ruwe, L. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Bumi Aksara.

Wiratmo, L. B.,; Mardhiyani, N. L. (2021). Komunikasi empatik dalam relasi guru dengan orang tua pada pembelajaran daring di masa pandemi studi pada SD Muhammdiyah 08 Kota Semarang. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 15(1), 1–7.

Yuniarsih, T. ; Suwatni. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi Dan Isu Penelitian. Afabeta.

PlumX Metrics

Published
2024-03-25
How to Cite
Ismanto, H., Antony, R., & Mulyatno, C. B. (2024). Pengalaman Komunikasi Dialogis Para Guru dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan: Teachers’ Dialogic Communication Experiences in Improving the Quality of Educational’s Service. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 8(1), 18-26. https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.22323
Section
Article