Ketidakefektifan Kalimat dalam Karangan Liburan Siswa Kelas X SMK IPTEK Weru

Ineffectiveness of Sentences in the Vacation Essays of Grade X Students at SMK IPTEK Weru

  • Farida Yufarlina Rosita Tadris Bahasa Indonesia, FITK, IAIN Surakarta
  • Ferdian Achsani Tadris Bahasa Indonesia, FITK, IAIN Surakarta
Abstract views: 227 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 984
Keywords: kalimat, karangan siswa, ketidakefektifan

Abstract

Pengunaan kalimat efektif dalam berkomunikasi menjadi salah satu syarat agar proses komunikasi dapat terjalin dengan lancar, sehingga baik penutur maupun lawan tutur dapat memahami makna ujaran. Namun tidak semua orang mampu menyusun kalimat secara efektif. Kalimat ragam tulis menjadi salah satu contoh bahwa pengunaan bahasa masyarakat masih belum sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Penelitian ini mengkaji bagaimana bentuk ketidakefektifan kalimat dalam karangan liburan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa siswa kelas X SMK IPTEK Weru masih jauh dari sempurna. Berbagai ragam kesalahan masih banyak ditemukan, seperti kalimat bertele-tele, pengaruh bahasa asing, pemilihan diksi dan tanda baca yang tidak tepat.

References

Isnaniah, S. 2015. Menulis Kreatif (Praktik Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Bagi Mahasiswa). Kartasura: IAIN Press.

Kunjana, R. 2009. Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, M., Sugiri, E., & Aninditya Sri Nugraheni. 2014. Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.

Saddhono, K. 2009. Analisis Wacana. Surakarta: UNS press.

Setyawati, N. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumadiria, A. H. 2006. Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulisan dan Jurnalis. Bandung: Simbosia Rekatama Media.

Parto. 2013. Kalimat Efektif dan Pengajarannya di SMP/MTs pada Era Global. In Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global (pp. 245–256). Jember.

Astuti, Y. D., & Mukhlish. 2017. Ketidakefektifan Kalimat dalam Rubrik “Opini” Majalah Pendapa Tamansiswa. Caraka, 4(1)

PlumX Metrics

Published
2018-10-22
How to Cite
Rosita, F. Y., & Achsani, F. (2018). Ketidakefektifan Kalimat dalam Karangan Liburan Siswa Kelas X SMK IPTEK Weru: Ineffectiveness of Sentences in the Vacation Essays of Grade X Students at SMK IPTEK Weru. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(2), 21-31. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i2.12746