Pemerolehan Kosakata Anak Down Syndrome Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya

The Acquisition of Vocabulary in Down Syndrome Children Based on Word Classes in Indonesian Language at C1 AKW Kumara 1 Special School Surabaya

  • Ineke Putri Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Wahyu Widayati Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Victor Maruli Tua Tobing Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 430 , pdf downloads: 538
Keywords: kelas kata, kosakata, morfologi, psikolinguistik

Abstract

Kosakata merupakan komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa.Sedangkan Kelas Kata merupakan dasar dari pembahasan tentang bahasa.Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Pemerolehan Kosakata Anak Down Syndrome Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya”.Pada pembahasan dan pendeskripsian terkait pemerolehan kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia termasuk dalam kajian psikolinguistik dalam ruang lingkup morfologi.Penelitian ini membahas terkait pemerolehan bentuk kosakata dasar yang diklasifikasikan berdasarkan kelas kata kerja, kelas kata benda, dan kelas kata sifat. Fokus dalam penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemerolehan bentuk kosakata dasar berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya.Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan cara melakukan perekaman secara langsung peristiwa pertuturan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan alat berupa handphone, dan metode simak libat cakap yakni dalam melakukan bentuk wawancara kepada guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan data berupa kata dari tuturan anak penyandang Down Syndrome yang diklasifikasikan ke dalam bentuk kosakata dasar berdasarkan kelas kata kerja dasar dan kelas kata kerja turunan, kelas kata benda dasar, serta kelas kata sifat dasar.

References

Chaer, Abdul. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 1994. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astriana, Reni. 2013. Variasi Bahasa Jawa pada Percakapan Nasabah dan Debt Collector KSU “Langgeng Dana Makmur” di Kabupaten Ngawi Beserta Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Daerah di SMPN 1 Sine. Jurnal Ilmiah. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayu, Yunita. 2013. Pemerolehan Kosakata Anak Tunarungu Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB Karya Mulia II, Surabaya. Surabaya.

Desiningrum, Dinie R. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Pasca, Amherstia. 2016. Meningkatkan Life Skill pada Anak Down Syndrome dengan Teknik Modelling. Surabaya: Universitas 17 Agustus.

Trinowismanto, Yosep. 2016. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0-3 Tahun dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wasilatul, Syifa. 2018. Kemampuan Kosakata (Kata Dasar dan Turunan) pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Haidar Bandung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12 Edisi 2 November 2018. Bandung: Universitas Padjajaran.

PlumX Metrics

Published
2020-04-25
How to Cite
Putri, I., Widayati, W., & Tobing, V. M. T. (2020). Pemerolehan Kosakata Anak Down Syndrome Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya: The Acquisition of Vocabulary in Down Syndrome Children Based on Word Classes in Indonesian Language at C1 AKW Kumara 1 Special School Surabaya. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 22-28. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.14783
Section
Article