Pemerolehan Kosakata Anak Down Syndrome Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya
The Acquisition of Vocabulary in Down Syndrome Children Based on Word Classes in Indonesian Language at C1 AKW Kumara 1 Special School Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.14783Keywords:
kelas kata, kosakata, morfologi, psikolinguistikAbstract
Kosakata merupakan komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa.Sedangkan Kelas Kata merupakan dasar dari pembahasan tentang bahasa.Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Pemerolehan Kosakata Anak Down Syndrome Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya”.Pada pembahasan dan pendeskripsian terkait pemerolehan kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia termasuk dalam kajian psikolinguistik dalam ruang lingkup morfologi.Penelitian ini membahas terkait pemerolehan bentuk kosakata dasar yang diklasifikasikan berdasarkan kelas kata kerja, kelas kata benda, dan kelas kata sifat. Fokus dalam penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemerolehan bentuk kosakata dasar berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia di SLB C1 AKW Kumara 1 Surabaya.Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan cara melakukan perekaman secara langsung peristiwa pertuturan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan alat berupa handphone, dan metode simak libat cakap yakni dalam melakukan bentuk wawancara kepada guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan data berupa kata dari tuturan anak penyandang Down Syndrome yang diklasifikasikan ke dalam bentuk kosakata dasar berdasarkan kelas kata kerja dasar dan kelas kata kerja turunan, kelas kata benda dasar, serta kelas kata sifat dasar.
References
Chaer, Abdul. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti. 1994. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. 2014. Metode Penelitian: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Astriana, Reni. 2013. Variasi Bahasa Jawa pada Percakapan Nasabah dan Debt Collector KSU “Langgeng Dana Makmur” di Kabupaten Ngawi Beserta Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Daerah di SMPN 1 Sine. Jurnal Ilmiah. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ayu, Yunita. 2013. Pemerolehan Kosakata Anak Tunarungu Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SLB Karya Mulia II, Surabaya. Surabaya.
Desiningrum, Dinie R. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Pasca, Amherstia. 2016. Meningkatkan Life Skill pada Anak Down Syndrome dengan Teknik Modelling. Surabaya: Universitas 17 Agustus.
Trinowismanto, Yosep. 2016. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0-3 Tahun dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Wasilatul, Syifa. 2018. Kemampuan Kosakata (Kata Dasar dan Turunan) pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Haidar Bandung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 12 Edisi 2 November 2018. Bandung: Universitas Padjajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0