Literasi Digital dengan Penggunaan Media Blog untuk Pembelajaran Membaca Artikel pada Siswa SMP

Digital Literacy with the Use of Blog Media for Reading Article Learning in Junior High School Students

  • Ardi Wina Saputra Universitas Negeri Malang
Abstract views: 687 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2795
Keywords: ekstrakurikuler, era digital, laman, media daring

Abstract

Literasi dalam hal digital adalah sebuah keterampilan yang harus dimiliki manusia pada era milenial. Keterampilan dalam hal digital tentunya merupakan suatu keharusan dalam bidang pendidikan. Fasilitas jejaring internet semakin progresif digunakan di sekolah. Namun, tidak semua sekolah mampu memanfaatkan fasilitas jejaring internet dengan maksimal. Keterampilan dalam literasi digital harus dimaksimalkan untuk diajarkan. Salah satunya dapat melalui media blog untuk keterampilan membaca artikel. Selain mengajarkan bagaimana cara membaca artikel secara teknis kepada siswa, melalui literasi disgital juga akan diajarkan untuk memilih dan memilah artikel bacaan secara cerdas agar siswa mampu menyaring bacaan mana yang berguna bagi mereka. Dengan kata lain secara langsung juga melalui literasi digital media blog mengajarkan siswa untuk lebih kritis dalam memilih artikel yang fakta atau hoax.  Masih sering ditemui proses pembelajaran yang konvensional serta sumber beajar yang digunakan juga berbasis teks. Oleh sebab itu agar penggunaan fasilitas tersebut dapat lebih maksimal maka diperlukan proses pembelajaran e-leraning. Salah satunya adalah menggunakan laman. Pembelajaran berbasis laman ini dapat diterapkan dalam tingkat ekstra kurikuler agar lebih menarik dan inofatif.

Author Biography

Ardi Wina Saputra, Universitas Negeri Malang

 

30

References

Budiarto, R. 2010. Word Press, Not just a Blog. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Cisco. 2001. E-Learning: Combines Communication, Education, Information, and Training, Artikel (Online). (http:/www.cisco.com/warp/public/10/wwtraining/elearning/diakses 10 Februari 2017).

Hernita (Ed). 2011. Tips Lengkap Internet Aman dan Sehat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Juju, D. 2010. Cara Mudah Buka Toko Online dengan Word Press + WP E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rustan, S. 2008. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. 2011. Huruf Font dan Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saputro, H. W. 2007. Pengertian Website, Web Hosting dan Domain, (online), (http://www.baliorange.web.id/pengertian-website-webhosting-domainname/, diakses 10 Februari 2017).

Uno, BH dan Lamatenggo, N. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardhani, I. 2006. Pengertian Web, (online), (htttp://imamwardany.com/pengertian-web/, diakses 10 Februari 2017).

Widyartono, Didin. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zaki, A. 2009. Word Press Blog Magic: Cara Cepat Membuat Blog dengan Word Press. Yogyakarta: Penerbit Andi.

PlumX Metrics

Published
2018-04-22
How to Cite
Saputra, A. W. (2018). Literasi Digital dengan Penggunaan Media Blog untuk Pembelajaran Membaca Artikel pada Siswa SMP: Digital Literacy with the Use of Blog Media for Reading Article Learning in Junior High School Students. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12737
Section
Article