Literasi Digital dengan Penggunaan Media Blog untuk Pembelajaran Membaca Artikel pada Siswa SMP
Digital Literacy with the Use of Blog Media for Reading Article Learning in Junior High School Students
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12737Keywords:
ekstrakurikuler, era digital, laman, media daringAbstract
Literasi dalam hal digital adalah sebuah keterampilan yang harus dimiliki manusia pada era milenial. Keterampilan dalam hal digital tentunya merupakan suatu keharusan dalam bidang pendidikan. Fasilitas jejaring internet semakin progresif digunakan di sekolah. Namun, tidak semua sekolah mampu memanfaatkan fasilitas jejaring internet dengan maksimal. Keterampilan dalam literasi digital harus dimaksimalkan untuk diajarkan. Salah satunya dapat melalui media blog untuk keterampilan membaca artikel. Selain mengajarkan bagaimana cara membaca artikel secara teknis kepada siswa, melalui literasi disgital juga akan diajarkan untuk memilih dan memilah artikel bacaan secara cerdas agar siswa mampu menyaring bacaan mana yang berguna bagi mereka. Dengan kata lain secara langsung juga melalui literasi digital media blog mengajarkan siswa untuk lebih kritis dalam memilih artikel yang fakta atau hoax. Masih sering ditemui proses pembelajaran yang konvensional serta sumber beajar yang digunakan juga berbasis teks. Oleh sebab itu agar penggunaan fasilitas tersebut dapat lebih maksimal maka diperlukan proses pembelajaran e-leraning. Salah satunya adalah menggunakan laman. Pembelajaran berbasis laman ini dapat diterapkan dalam tingkat ekstra kurikuler agar lebih menarik dan inofatif.
References
Budiarto, R. 2010. Word Press, Not just a Blog. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Cisco. 2001. E-Learning: Combines Communication, Education, Information, and Training, Artikel (Online). (http:/www.cisco.com/warp/public/10/wwtraining/elearning/diakses 10 Februari 2017).
Hernita (Ed). 2011. Tips Lengkap Internet Aman dan Sehat. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Juju, D. 2010. Cara Mudah Buka Toko Online dengan Word Press + WP E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rustan, S. 2008. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. 2011. Huruf Font dan Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saputro, H. W. 2007. Pengertian Website, Web Hosting dan Domain, (online), (http://www.baliorange.web.id/pengertian-website-webhosting-domainname/, diakses 10 Februari 2017).
Uno, BH dan Lamatenggo, N. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wardhani, I. 2006. Pengertian Web, (online), (htttp://imamwardany.com/pengertian-web/, diakses 10 Februari 2017).
Widyartono, Didin. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Zaki, A. 2009. Word Press Blog Magic: Cara Cepat Membuat Blog dengan Word Press. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0