Implementasi Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran pada Materi Membaca Aksara Jawa Siswa SMA
Implementation of Literacy to Improve Learning Motivation on Javanese Script Reading Material for High School Students
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12743Keywords:
implementasi literasi, membaca aksara jawaAbstract
Salah satu peran guru atau pengajar adalah memotivasi siswa agar mereka dapat berinteraksi dengan berbagai sumber belajar dengan baik. Sumber belajar bukan hanya berupa manusia, benda di sekitar, bahkan lingkungan sekitar juga merupakan sumber belajar. Sumber belajar bukan hanya sesuatu untuk dirancang untuk keperluan mengajar, melainkan juga media pembelajaran diperlukan untuk menyampaikan atau perantara untuk menyampaikan tujuan dari disajikannya sumber belajar tersebut. Permasalahannya, tidak semua guru atau pengajar mampu menggunakan atau mengoperasikan bahkan membuat sebuah media pembelajaran. padahal media pembelajaran dinilai dapat membantu guru dalam menyampaikan sebuah pembelajaran. wujud interaksi antara siswa dengan sumber belajar dapat bermacam-macam. Cara belajar dengan mendengarkan ceramah merupakan salah satu wujud dari interaksi tersebut. Namun jika cara belajar hanya dari mendengarkan saja, maka akan diragukan efektivitasnya. Belajar akan lebih banyak efektif jika peserta didik diberikan banyak kesempatan untuk melakukan eksplorasi sumber belajar melalui perantara berbagai macam media. Oleh karena itu literasi penggunaan media dianggap sangat diperlukan bagi guru maupun pengajar untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengimplementasikan literasi.
References
A. Tabrani R. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Abin Syamsudin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sondang P. Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
W.S. Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0