Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan upaya penyelesaian masalah yang muncul pada anak tunagrahita ringan berkaitan dengan kesulitan mempelajari huruf abjad. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kajian literatur yang sumber datanya berasal dari kajian yang berhubungan dengan penelitian ini baik dari karya ilmiah, hasil penelitian, buku-buku dan sumber data tambahan yang berasal dari hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kegiatan belajar mengenal huruf abjad menggunakan metode visuomotor yang merupakan gabungan dari penggunaan kemampuan visual dan motoric yang dimiliki anak tuna grahita ringan. Metode pembelajatan visumotor ini diawali dari mengenal nama dan suara huruf, kemudian gambar visual dari masing-masing huruf, dan dilanjutkan dengan pemanfaatan kemampuan motorik anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut maupun menggambar bentuk-bentuk huruf tersebut menggunakan anggota tubuhnya.

Keywords

Metode visuomotor, mengenalkan huruf abjad, tuna grahita ringan

Article Details

How to Cite
Salma Fauziyah, U., & Sri Nugraheni, A. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 116-129. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022