Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022Keywords:
Metode visuomotor, mengenalkan huruf abjad, tuna grahita ringanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan upaya penyelesaian masalah yang muncul pada anak tunagrahita ringan berkaitan dengan kesulitan mempelajari huruf abjad. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kajian literatur yang sumber datanya berasal dari kajian yang berhubungan dengan penelitian ini baik dari karya ilmiah, hasil penelitian, buku-buku dan sumber data tambahan yang berasal dari hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kegiatan belajar mengenal huruf abjad menggunakan metode visuomotor yang merupakan gabungan dari penggunaan kemampuan visual dan motoric yang dimiliki anak tuna grahita ringan. Metode pembelajatan visumotor ini diawali dari mengenal nama dan suara huruf, kemudian gambar visual dari masing-masing huruf, dan dilanjutkan dengan pemanfaatan kemampuan motorik anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut maupun menggambar bentuk-bentuk huruf tersebut menggunakan anggota tubuhnya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License