Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial dalam mengikuti kegiatan membuat karya seni mozaik pada siswa tunagrahita kelas V di SLB Negeri 2 Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan mengenai sikap sosial siswa tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembuatan karya seni mozaik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SLB Negeri 2 Buleleng. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 7 peserta didik yang terdiri dari tunagrahita ringan dan sedang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sikap sosial siswa yang dilihat dari rata-rata skor awal yang diperoleh 37,1 dan setelah dilaksanakan pelatihan kegiatan membuat karya seni mozaik secara berkelompok menunjukkan rata-rata 87,1.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Dwi, G. S. (2018). Penerapan Media Mozaik Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengenakan Pakaian Berkancing Pada Anak Tunagrahita Sedang. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Juriana, dkk, 2016. Melek ABK. Jakarta: CV. Alumganda Mandiri.
- Lestari, N. D. 2015. Identifikasi sikap sosial siswa kelas V SD. BASIC EDUCATION, Volume 4, Nomor 8.
- Yustiana, T. 2018. Pemanfaatan Bahan Alam Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Kegiatanku Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 6, Nomor 2.
- Prasetya, A. N. 2018. Implementasi Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIi Di SDN I Kacangan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Doctoral Dissertation. Malang: University of Muhammadiyah Malang.
- Pratiwi, D. A., & Kustiawan, U. 2018. Pembelajaran Toilet Training bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, Volume 3, Nomor 2, Hlm 91-95.
- Yusuf, Y. 2017. Peran Guru terhadap Anak Penyandang Tunagrahita Ditinjau dari Kinerja Kompetensi Guru (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 4, Nomor 2, Hlm 1-13.