Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial dalam mengikuti kegiatan membuat karya seni mozaik pada siswa tunagrahita kelas V di SLB Negeri 2 Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan mengenai sikap sosial siswa tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembuatan karya seni mozaik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SLB Negeri 2 Buleleng. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 7 peserta didik yang terdiri dari tunagrahita ringan dan sedang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sikap sosial siswa yang dilihat dari rata-rata skor awal yang diperoleh 37,1 dan setelah dilaksanakan pelatihan kegiatan membuat karya seni mozaik secara berkelompok menunjukkan rata-rata 87,1.

Keywords

tunagrahita sikap sosial karya seni mozaik

Article Details

How to Cite
Adawiyah, H., Saputra, A. A., Dewi, N. S., & Suranata, K. (2019). Pelatihan Membuat Karya Seni Mozaik untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Tunagrahita Kelas V SLB Negeri 2 Buleleng. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 15-24. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13014

References

  1. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Dwi, G. S. (2018). Penerapan Media Mozaik Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengenakan Pakaian Berkancing Pada Anak Tunagrahita Sedang. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
  3. Juriana, dkk, 2016. Melek ABK. Jakarta: CV. Alumganda Mandiri.
  4. Lestari, N. D. 2015. Identifikasi sikap sosial siswa kelas V SD. BASIC EDUCATION, Volume 4, Nomor 8.
  5. Yustiana, T. 2018. Pemanfaatan Bahan Alam Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Kegiatanku Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 6, Nomor 2.
  6. Prasetya, A. N. 2018. Implementasi Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIi Di SDN I Kacangan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Doctoral Dissertation. Malang: University of Muhammadiyah Malang.
  7. Pratiwi, D. A., & Kustiawan, U. 2018. Pembelajaran Toilet Training bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, Volume 3, Nomor 2, Hlm 91-95.
  8. Yusuf, Y. 2017. Peran Guru terhadap Anak Penyandang Tunagrahita Ditinjau dari Kinerja Kompetensi Guru (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 4, Nomor 2, Hlm 1-13.

Most read articles by the same author(s)