Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Pada Materi Bangun Datar

  • Nafi'atuz Zahro Universitas Negeri Malang
  • Makbul Muksar Universitas Negeri Malang
  • sukoriyanto sukoriyanto Universitas Negeri Malang
Abstract views: 984 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 503
Keywords: kreatif, open-ended, bangun datar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa MTs. Negeri 6 Banyuwangi dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa sesuai dengan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) yang diperoleh dari hasil pengerjaan 28 siswa kelas VIIA melalui masalah open-ended materi bangun datar. Indikator TKBK yang digunakan adalah fluency, flexibility, dan novelty. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes masalah open-ended materi bangun datar dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari 28 siswa, diperoleh tiga tingkatan berpikir kreatif yaitu TKBK 0 (tidak kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), dan TKBK 3 (kreatif).

Kata Kunci: kreatif; open-ended; bangun datar

References

Awang, H., & Ramly, I. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning : Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Sciences, 2(4), 334–339.

Daryanto & Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Machromah, I. U., Riyadi, & Usodo, B. (2015). Analisis Proses dan Tingkat Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Bentuk Soal Cerita Materi Lingkaran Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 613–624.

Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63–75.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Putri, V. S. R., & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP. Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(2).

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 62–70.

Riyeni, C., & Khabibah, S. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Materi Bangun Datar Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 31–36.

Salim, A., Zubaidah, & Hamdani. (2012). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Penyelesaian Soal Open-Ended Materi Statistika Pada Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(7), 1–8.

Sari, I. M., Sumiati, E., & Siahaan, P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–68.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zdm.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548–553.

Wibawa, I. P. A., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2016). Penerapan Pembelajaran Kuantum Melalui Bermain untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Bangun Datar pada Kelas III. E-Journal PGSG Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

PlumX Metrics

Published
2018-11-14
How to Cite
Zahro, N., Muksar, M., & sukoriyanto, sukoriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 157-167. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12108