Pengaruh Penggabungan Metode Outdoor Dengan Indoor Learning Menggunakan Sistem Sepur Selam

Authors

  • Nikken Isnaini Hidayah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Vina Dwi Riski Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Lela Kumalasari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12187

Keywords:

Outdoor Learning, Indoor Learning, result of learning mathematics

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggabungan metode Outdoor dengan Indoor Learning menggunakan sistem sepekan di luar sepekan di dalam (SEPUR SELAM) terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Polinomial kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Data dikumpulkan menggunakan tes, dokumentasi, angket, observasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung = 6,098 > ttabel = 2,288 maka  H0 ditolak. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan penggabungan metode Outdoor dengan Indoor Learning menggunakan Sistem Sepekan di Luar Sepekan di Dalam (SEPUR SELAM) terdahap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Polinomial. Sedangkan angket respon siswa menyatakan 100% siswa tertarik dan mengalami kondisi pembelajaran yang berbeda dengan penggabungan metode Outdoor dengan Indoor Learning, sedangkan 97,4% siswa termotivasi dan tidak mengalami kejenuhan.

Kata kunci: Outdoor Learning;Indoor Learning;hasil belajar matematika

 

Abstract: His research aims to determine the effect of combining Outdoor methods with Indoor Learning using a week-long system within a week in (SEPUR SELAM) on student achievement on the subject of Polynomial class XI Science at SMA Negeri 1 Tawangsari in the academic year 2017/2018. The type of research used is experimental research. Data were collected using tests, documentation, questionnaires, observations, and interviews. The sample in this study were students of class XI IPA 3 as the control class and XI IPA 5 as the experimental class. The result of the t-test analysis shows that t count = 6.098> t table = 2.288 then H0 is rejected. It was concluded that there was an effect of using the combination of Outdoor methods with Indoor Learning using the Sepekan System outside the Week in (SEPUR SELAM) at the level of students' learning achievement on the subject of Polynomial. While the student response questionnaire stated 100% of students were interested and experienced different learning conditions with the incorporation of Outdoor methods with Indoor Learning, while 97.4% of students were motivated and did not experience saturation.

Keyword: Outdoor Learning;Indoor Learning; learning outcomes of mathematics

References

Amylia, Linda Rizca dan Sri Setyowati. (2014). “Pengaruh Outdoor Learning terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi”. JP PAUD SD

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta:PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jalarta:Bumi Aksara

Budiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Darmawan, Oei Edwin Wicaksono, dan Suyanto Edward Antonius. (2017). “Menemukan Akar Persamaan Polinomial Menggunakan Particle Swarm Optimization”. Proxies. Vol 1(1). pp. 35-43.

Karmila. (2016). “Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN”. Jurnal of EST. Vol 2(1). pp. 26-32.

Kemdikbud. (2015). Laporan Hasil Ujian Nasional. 118.98.234.50/lhun/index.aspx. Diakses tanggal 16 Maret 2017 pukul 11.10 WIB

Mauliya, D. Mintasih Indriayu dan Salman Alfarisy Totalia. (2015). “Pengaruh Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.” Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Puspendik Kemdikbud. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. Tersedia di: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Samsudin, Muhammad Dipo Islam. (2016). “Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (OUTDOOR STUDY) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo”. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Volume 10(2)

Sejati, Andri Estining, Sumarmi, dan I Nyoman Ruja. (2016). “Pengaruh Metode Pembelajaran OutDoors Study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1(2). pp. 80-86.

Suherdiyanto,dkk. (2016). “Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kakap”. Jurnal Pendidikan Sosial. Pontianak: IKIPPGRI Pontianak Volume 3(1)

Sundayana, Rostiana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sundayana, Rostiana. (2014). “Penerapan Metode Pembelajaran diluar kelas (Outdoor Learning) dalam Materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya pada Siswa MTs AlIkhlas Kuala Mandor B”. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 1(1)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tias Ellsa Arqinilla. (2013). “Efektivitas Pembelajaran Gambar Bentuk Indoor dan Outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga”. Journal of Arts Education. Eduarts 2 (1)

Widiastini, Ni Kadek, I Nyoman Sudiana, dan I Wayan Rasna. (2017). “Pengaruh Metode Numbered Heads Together yang Dipadukan dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 7(2)

PlumX Metrics

Published

2018-11-14

How to Cite

Hidayah, N. I., Riski, V. D., Kumalasari, L., & Astutiningtyas, E. L. (2018). Pengaruh Penggabungan Metode Outdoor Dengan Indoor Learning Menggunakan Sistem Sepur Selam. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 168–176. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12187