LKS dan RPP model 5E pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VIII
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan dan mendeskripsikan proses prototyping LKS dan RPP dengan menggunakan model 5E pada materi teorema Pythagoras untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan produk yaitu LKS dan RPP. Indikator kemampuan komunikasi matematis akan dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi matematis tulis dan komunikasi matematis lisan. Indikator kemampuan komunikasi matematis tulis dalam penelitian ini terdiri dari dua hal yaitu 1) siswa menuliskan ide matematis menggunakan bahasa matematis dengan jelas sehingga dapat dipahami orang lain 2) siswa dapat menuliskan alasan atas jawaban yang diberikan. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis lisan indikatornya terdiri dari dua hal, yaitu 1) siswa memahami pemikiran orang lain dengan dapat mengemukakan kembali ide orang lain dengan kalimatnya sendiri 2) memberikan tanggapan (kritik dan saran) terhadap ide orang lain. Model pembelajaran yang digunakan untuk membuat LKS dan RPP ini adalah model 5E yang meliputi lima fase, yaitu: engage, explore, explain, elaborate dan evaluate. Materi yang digunakan adalah teorema Pythagoras. Sedangkan model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research (penelitian pendahuluan), prototyping phase (tahap membuat prototip), assessment phase (tahap asesmen). Hasil dari penelitian ini berupa LKS dan RPP model 5E yang mempunyai kualitas ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License