LKS dan RPP model 5E pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VIII

Authors

  • Fimmatur Rizka Ardina Universitas negeri malang

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan dan mendeskripsikan proses prototyping LKS dan RPP dengan menggunakan model 5E pada materi teorema Pythagoras untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII  yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan produk yaitu LKS dan RPP. Indikator kemampuan komunikasi matematis akan dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi matematis tulis dan komunikasi matematis lisan. Indikator kemampuan komunikasi matematis tulis dalam penelitian ini terdiri dari dua hal yaitu 1) siswa menuliskan ide matematis menggunakan bahasa matematis dengan jelas sehingga dapat dipahami orang lain 2) siswa dapat menuliskan alasan atas jawaban yang diberikan. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis lisan indikatornya terdiri dari dua hal, yaitu  1) siswa memahami pemikiran orang lain dengan dapat mengemukakan kembali ide orang lain dengan kalimatnya sendiri 2) memberikan tanggapan (kritik dan saran) terhadap ide orang lain. Model pembelajaran yang digunakan untuk membuat LKS dan RPP ini adalah model 5E yang meliputi lima fase, yaitu: engage, explore, explain, elaborate dan evaluate. Materi yang digunakan adalah teorema Pythagoras. Sedangkan model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research (penelitian pendahuluan), prototyping phase (tahap membuat prototip), assessment phase (tahap asesmen). Hasil dari penelitian ini berupa LKS dan RPP model 5E yang mempunyai kualitas ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

PlumX Metrics

Published

2016-12-17

How to Cite

Ardina, F. R. (2016). LKS dan RPP model 5E pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VIII. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(02), 137 –149. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/226