Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi adaptasi pedagang pakaian konvensional dalam mempertahankan kelangsungan usaha di pasar tradisional Tegal Besar Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dari penelitian ini yaitu melalui wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumen. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pedagang pakaian konvensional memiliki kapasitas adaptaif yaitu aset berupa tabungan, fleksibilitas, organisasi sosial dalam bentuk kerja sama, pembelajaran, dan agensi atau pilihan pedagang dalam menanggapi perubahan. Dalam beradaptasi pedagang pakaian konvensional melakukan tiga bentuk strategi. Strategi adaptasi tersebut yaitu adaptasi perilaku, adaptasi siasat, dan adaptasi proses. Strategi adaptasi yang dilakukan antara lain yaitu berperilaku jujur terhadap harga, berperilaku sopan santun, mengedepankan kualitas barang, memberikan potongan harga, membuka lapak lebih pagi, menjual baju yang sedang trend, serta menjalin hubungan baik dengan pembeli maupun pelanggan. Dengan strategi adaptasi yang dilakukan tersebut, pedagang pakaian konvensional dapat mempertahankan usahanya. Sedangkan kelangsungan usaha pedagang pakaian konvensional meliputi: kelangsungan modal, kelangsungan pemasaran, dan kelangsungan produk atau barang yang dijual.

Keywords

Strategi Adaptasi Kelangsungan Usaha Pasar Tradisional

Article Details

How to Cite
Alisya, N. F. (2023). STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG PAKAIAN KONVENSIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA DI PASAR TRADISIONAL TEGAL BESAR KABUPATEN JEMBER: Nadila Farajane Alisya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(2), 73-81. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i2.18782

References

  1. Strategi Adaptasi, Kelangsungan Usaha, Pasar Tradisional

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'