Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kabupaten Ponorogo

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i2.26766

Keywords:

Implementasi Kurikulum, Pembelajaran Berdiferensiasi , Pendidikan Ekonomi, Kurikulum Merdeka, SMA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Kabupaten Ponorogo. Transformasi kurikulum melalui Kurikulum Merdeka menghadirkan tantangan baru dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Kendati demikian, implementasi di tingkat satuan pendidikan masih menghadapi berbagai hambatan, terutama dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen autentik. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan telaah dokumen, dengan partisipan terdiri atas guru Ekonomi dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah sesuai dengan standar administratif dan substansi Kurikulum Merdeka. Namun, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi belum optimal akibat keterbatasan dalam pemetaan karakteristik siswa dan variasi strategi instruksional. Asesmen telah dilaksanakan dalam bentuk formatif dan sumatif, meskipun masih dominan pada aspek kognitif. Temuan ini memberikan kontribusi praktis dan konseptual, serta menjadi rujukan bagi penguatan kapasitas pedagogis dan pengambilan kebijakan berbasis konteks lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 0 ,

Author Biographies

  • Farid Nur Romdloni, Universitas Jember

    Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember

  • Dwi Herlindawati, Universitas Jember

    Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember

  • Lisana Oktavisanti Mardiyana, Universitas Jember

    Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember

References

Aini Qolbiyah, Sonzarni, & Muhammad Aulia Ismail. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum At the Driving School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1

Ana, A. N. F., Safrizal, & Sunarti. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 96–110. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8043

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata pelajaran Ekonomi Fase E - Fase F. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1–23.

Berlian, U. C., Siti, S., & Puji, R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12). https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for Educational Practice of the Science of Learning and Development. Applied Developmental Science, 24, 97–140.

Empaldi. (2023). Learning Islamic Religious Education in the Merdeka Curriculum: A Critical Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(1), 117–128. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i1.2490

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Kadwa, M. S., & Alshenqeeti, H. (2020). International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT) The Impact of Students’ Proficiency in English on Science Courses in a Foundation Year Program. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 3(11), 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt

Kemendikbud. (2022). 033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Lastriyani, I., Lidiawati, W., W., & Wasliman, L. (2023). Sosialisasi Standar Mutu Pendidikan: Implementasi Standar Mutu Global pada Satuan Pendidikan di Lingkungan Yayasan Adzkia Damiri Kabupaten Sukabumi. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2809–1957).

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.

Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648

Pembelajaran, K. P. K. dan. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024 Pengarah.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rania, D. P., Sazili, S., Zufiyardi, Z., Milla, H., & Ayuni, R. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.37676/mude.v3i2.5678

Rogers, C. (1969). Freedom to Learn. Charles E. Merrill.

Satiti, A. D. R., & Falikhatun, F. (2022). Accounting Curriculum Evaluation in Implementation Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 11(1), 21. https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.9880

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. Association for Supervision and Curriculum Development.

Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?id=GkP2DwAAQBAJ

Yuniati, S., & Prayoga, S. (2019). Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 133. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1811

PlumX Metrics

Published

2025-12-27

How to Cite

Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kabupaten Ponorogo. (2025). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 5(2), 103-118. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i2.26766

Similar Articles

1-10 of 46

You may also start an advanced similarity search for this article.