Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kabupaten Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i2.26766Keywords:
Implementasi Kurikulum, Pembelajaran Berdiferensiasi , Pendidikan Ekonomi, Kurikulum Merdeka, SMAAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Kabupaten Ponorogo. Transformasi kurikulum melalui Kurikulum Merdeka menghadirkan tantangan baru dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Kendati demikian, implementasi di tingkat satuan pendidikan masih menghadapi berbagai hambatan, terutama dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen autentik. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan telaah dokumen, dengan partisipan terdiri atas guru Ekonomi dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah sesuai dengan standar administratif dan substansi Kurikulum Merdeka. Namun, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi belum optimal akibat keterbatasan dalam pemetaan karakteristik siswa dan variasi strategi instruksional. Asesmen telah dilaksanakan dalam bentuk formatif dan sumatif, meskipun masih dominan pada aspek kognitif. Temuan ini memberikan kontribusi praktis dan konseptual, serta menjadi rujukan bagi penguatan kapasitas pedagogis dan pengambilan kebijakan berbasis konteks lokal.
Downloads
References
Aini Qolbiyah, Sonzarni, & Muhammad Aulia Ismail. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum At the Driving School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1
Ana, A. N. F., Safrizal, & Sunarti. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 96–110. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8043
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata pelajaran Ekonomi Fase E - Fase F. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1–23.
Berlian, U. C., Siti, S., & Puji, R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12). https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for Educational Practice of the Science of Learning and Development. Applied Developmental Science, 24, 97–140.
Empaldi. (2023). Learning Islamic Religious Education in the Merdeka Curriculum: A Critical Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(1), 117–128. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i1.2490
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Kadwa, M. S., & Alshenqeeti, H. (2020). International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT) The Impact of Students’ Proficiency in English on Science Courses in a Foundation Year Program. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 3(11), 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt
Kemendikbud. (2022). 033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).
Lastriyani, I., Lidiawati, W., W., & Wasliman, L. (2023). Sosialisasi Standar Mutu Pendidikan: Implementasi Standar Mutu Global pada Satuan Pendidikan di Lingkungan Yayasan Adzkia Damiri Kabupaten Sukabumi. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2809–1957).
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.
Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648
Pembelajaran, K. P. K. dan. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024 Pengarah.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rania, D. P., Sazili, S., Zufiyardi, Z., Milla, H., & Ayuni, R. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.37676/mude.v3i2.5678
Rogers, C. (1969). Freedom to Learn. Charles E. Merrill.
Satiti, A. D. R., & Falikhatun, F. (2022). Accounting Curriculum Evaluation in Implementation Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 11(1), 21. https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.9880
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. Association for Supervision and Curriculum Development.
Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?id=GkP2DwAAQBAJ
Yuniati, S., & Prayoga, S. (2019). Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 133. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1811
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farid Nur Romdloni, Dwi Herlindawati, Lisana Oktavisanti Mardiyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

