Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan literasi dan numerasi siswa di SMPN 2 Ngroggot Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Peneliti merupakan mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 6. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, pre-test, post-test, wawancara, dan dokumentasi. Hasil identifikasi awal penelitian ini fokus pada perkembangan literasi dan numerasi siswa karena rendahnya kemampuan literasi dan numerasi karena hal ini masih ada sebagian siswa yang belum lancar membaca maupun belum mengenal huruf abjad yang akan berdampak pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Program yang dirancang oleh mahasiswa melibatkan literasi, numerasi, pembuatan pojok baca, membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Dari observasi yang dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa literasi dan numerasi tergolong sangat rendah dan konsep pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dengan materi yang dipaparkan oleh guru pengajar.

Keywords

Kata Kunci: pengembangan, Literasi siswa, numerasi siswa, Kampus Mengajar.

Article Details

How to Cite
Naafi’u, & Arifin, Z. (2023). Penerapan Program Kerja Kampus Mengajar Angkatan 6 Untuk Mendukung Perkembangan Literasi Dan Numerasi Di SMPN 2 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 80-85. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.22030

References

  1. Anshori Aris Widya, M., Airlangga, P., Lailatul Husna, N., Widianingsih, D., Wahab Hasbullah, K. A., Syari, E., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Game Edukatif di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–22.
  2. Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
  3. Dwi Noerbella. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087
  4. Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf
  5. Nomor, V., & Merangin, S. (2022). Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pengembangan Budaya Literasi melalui Pojok Baca Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1, 694–704.
  6. Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
  7. Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
  8. Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
  9. Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., Jakia, N., Masir, R. A., Harmanto, B., & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi , Numerasi , dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284

Most read articles by the same author(s)