Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16057Keywords:
penyuluhan, pendidikan karakterAbstract
Counseling on character education adaptation of Thomas Lickona at SDN Gayam 3 is a community service that aims to provide information on the importance of character education in elementary schools and collect information on the implementation of character education at SDN Gayam 3. three aspects, namely knowledge (moral knowing), feelings (moral feeling), and action (moral action). These three aspects are coherent and comprehensive. All three are interconnected and used together. In addition, in the question and answer activity, it was stated that Huru had carried out character education as stated by Thomas Lickona, but did not know that there was a theory. In addition, character education is not only the responsibility of the teacher, but also the responsibility of parents and the environment in which students live. This is known as the tri education center.
Downloads
References
Amri, Ulil Syafri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran. Jakarta: Rajawali Pers.
Anggraini, et al. 2016. “The Implementation of Charater Education Model Based on Empowerment Theathre for Primary School Student”. Journal of Education and Practice, Vol.1, No. 1, hlm. 26-29.
Daryanto, dkk. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?”. Jurnal Pendidikan Karakter 1(1): 47-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0