Pengenalan Karir Berbatuan Media Pop-Up Buger (Buku Gerak) Bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Anak usia sekolah dasar termasuk berada dalam fase kesadaran karir. Usia dimana anak mengembangkan berbagai potensi, pandangan khas, sikap, minat dan kebutuhan-kebutuhan yang dipadukan dalam konsep diri (self-concept structure). Oleh karena itu pendidikan karir perlu diberikan sejak awal perkembangan individu dengan menggunakan beragam jenis media bisa diaplikasikan dalam proses pemberian layanan ataupun pembelajaran kepada siswa. Pop-up buger adalah buku gerak kreasi buatan tangan (handmade) yang mempunyai tampilan bisa dilihat dari berbagai arah pandang dan mempunyai panjang, lebar, dan tinggi/tebal atau yang biasa disebut dengan buku tiga dimensi sebagai sumber belajar. Pop-up buger yang digunakan oleh pengabdi dalam pengenalan tentang karir siswa sekolah dasar adalah pop-up kombinasi dari transformation dan pull-tabs. Berdasarkan hasil analisis situasi di SD IT Insan Mulia, diketahui selama ini dalam menyampaikan materi guru hanya memberikan informasi yang mencerminkan profesi dalam pembelajaran karir melalui penjelasan tanpa bantuan media interaktif. Pop-up buger yang digunakan nantinya dapat menjadi salah satu alternatif media dalam upaya meningkatkan wawasan siswa SD mengenai macam-macam profesi. Tahap pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahap, yang pertama melakukan observasi dan wawancara tentang pengetahuan karir siswa SD IT Insan Mulia. Tahap kedua, memperkenalkan pop-up buger yang berisi macam-macam profesi kepada siswa SD. Tahap ketiga, memperkenalkan macam-macam profesi dan melatihkan keterampilan baru yaitu berani tampil di depan kelas dengan mengulang cerita tentang sebuah profesi dengan menggunakan media pop-up buger. Target luaran kegiatan pengabdian ini adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan siswa SD IT Insan Mulia mengenai macam-macam profesi di lingkungan sekitarnya. Sedangkan bagi Guru dapat mengetahui dan bahkan terinspirasi membuat pop-up buger sebagai salah satu media pembelajaran.
Downloads
References
Bariyyah, K., Hasti, R. R., & Susanti, R. H. (2021). Pop-Up Book of Profession as a Career Service Media for Elementary School Students. Child Education Journal, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.33086/cej.v3i1.1986
Bluemel, N. & Taylor, R. (2012). Pop-Up Book A Guide for Teacher and Librarians. California Santa Barbara: Libraries Unlimited.
Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatotkaca.
Garcia, P. R. J. M., Restubog, S. L. D., Bordia, P., Bordia, S., & Roxas, R. E. O. (2015). Career optimism: The roles of contextual support and career decision-making self-efficacy. Journal of Vocational Behavior, 88, 10–18. http://doi.org/10.1016/j.jvb.2015.02. 004
Gysbers, N. C. (2005). Comprehensive School Guidance Programs in The United States : A Carier Profile. International Journal for Educational and Vocational Guidance. 5, 203- 215. DOI: 10.1007/s10775-005-8800-7.
Nur, F.N., Saidah, K., & Wendha, D.D.N. (2023). Development of Interactive Multimedia Based on Educational Games of Plant Parts and their Functions to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pijar Mipa, 18(5), 666-669. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.5472
Knight, J.L. (2015). Preparing Elementary School Counselor to Promote Career Development: Recomendations for School Counselor Education Program. Journal of Career Development. 42 (3), 75 85.DOI:10.1177/0894845314533745.
Najahah, I. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah Dan Pakaian Adat Nusantara Di Jawa. State University of Surabaya.
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air dan Peristiwa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120.
Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 139–148
Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.
Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 5(1), 10-21.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Bandung
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.
Winkel, W.S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.Grasindo.
Zunker, V. G. (2006). Career counseling : a holistic approach. (L. Gebo, Ed.). Singapore: Thomson.
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0