Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru SD Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24343Keywords:
Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran DiferensiasiAbstract
Kurikulum merdeka dilaksanakan secara nasional mulai tahun pelajaran 2024/2025. Salah satu esensi dari kurikulum merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi. Siswa diberi kesempatan untuk memaksimalkan potensi dirinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadikan sebagai pembelajar sepanjang hayat. Pembelajaran diferensiasi terdiri dari diferensiasi konten atau isi, proses dan produk pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di KKG Singojuruh, Banyuwangi, masih ditemukan kesulitan guru dalam menyusun modul ajar berdiferensiasi. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan penyusunan modul ajar berdiferensiasi berbasis model pembelajaran inovatif dapat berjalan dengan lancar dan baik. Dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan pengabdian. Peserta memberikan respon positif kepada tim pengabdian. Hal ini terbukti dalam google form yang dibagikan kepada peserta didik bahwa peserta didik menginginkan adanya kegiatan lanjutan dengan tema lain yang mendukung peningkatan kompetensi pedagogis guru SD. Selain itu, peserta juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sudah optimal, baik, dan sesuai dengan kebutuhan peserta
Downloads
References
Ade Sintia Wulandari. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(3):682–89. doi: 10.37630/jpm.v12i3.620.
Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6(4):5877–89. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3149.
DAMARISWARA, RIAN, Bagus Amirul Mukmin, Erwin Putera Permana, Frans Aditia Wiguna, Ilmawati Fahmi Imron, Kharisma Eka Putri, and Ita Kurnia. 2023. “Pelatihan Pembuatan Flyer Sebagai Keterampilan Digital Abad Ke-21 Bagi Mahasiswa PGSD Dan Guru SD.” Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar 2(2):126–34. doi: 10.29407/dedikasi.v2i2.19585.
Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2):2846–53. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2504.
Farid, Ilham. 2022. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1707–15.
Laila, Alfi, Bagus Amirul Mukmin, Erwin Putera Permana, Ilmawati Fahmi Imron, Karimatus Saidah, Kharisma Eka Putri, Nurita Primasatya, Rian Damariswara, Frans Aditia Wiguna, and Umbar Angzalna. 2024. “Penguatan Karakter Melalui Penggalian Kearifan Lokal Kediri Bagi Karang Taruna Desa Rejomulyo Kecamatan Pesantren Kota Kediri.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 8(2):416–23. doi: 10.29407/ja.v8i2.22319.
Lukman, Hamidah Suryani, Ana Setiani, and Nur Agustiani. 2023. “Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 7(5):4961. doi: 10.31764/jmm.v7i5.17478.
Prihatien, Yatmi, M. Syahruddin Amin, and Yul Alfian Hadi. 2023. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 02 Janapria.” Journal on Education 06(01):9232–44.
Primasatya, Nurita, Endang Sri Mujiwati, Rian Damariswara, Muhammad Basori, Karimatus Saidah, Dwi Muhammad Nurfianto, and Lintang Bintari. 2024. “Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka.” Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar 3(2):83–90. doi: 10.29407/dedikasi.v3i2.21407.
Wenda, Dhian Dwi Nur, Ilmawati Fahmi Imron, Kharisma Eka Putri, Sutrisno Sahari, Ita Kurnia, Erwin Putera Permana, Rian Damariswara, Rizky Handayani, and Siken Agil Wiganata. 2023. “Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 7(3):848–55. doi: 10.29407/ja.v7i3.21024.
Wiguna, Frans Aditia, Erwin Putera Permana, Ilmawati Fahmi Imron, Kharisma Eka Putri, Rian Damariswara, Susi Damayanti, and Devinsa Pinda Hapsari. 2022. “Pengembangan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan Pasca Banjir Melalui Budidaya Lele Dan Jamur Tiram.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 6(3):619–29. doi: 10.29407/ja.v6i3.14557.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0