Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Siswa SD di Kelurahan Ngronggo

Authors

  • Ria Permata Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elma Meliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Royan Hanif Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siska Septiana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andi Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mia Aprilia Susanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yhogi Prananda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Prasetyo Ari Wibowo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Risky Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dhita Nur Fadila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eko Yulianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Deby Arsita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andy Firmansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Achmad Syauqi Bachti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhamad Basori Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i1.25661

Keywords:

Gadget, Permainan Tradisional, KKN, Interaksi Sosial, Pendidikan

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak besar pada kehidupan anak-anak, terutama meningkatnya ketergantungan siswa SD terhadap gadget. Penggunaan perangkat digital yang berlebihan berisiko menghambat perkembangan sosial, emosional, dan akademik, serta mengurangi interaksi sosial dan aktivitas fisik mereka. Salah satu solusi alternatif adalah memperkenalkan kembali permainan tradisional yang memiliki nilai edukatif dan sosial. Pengabdian ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan menganalisis efektivitas permainan tradisional dalam mengurangi ketergantungan gadget di kalangan siswa SD di Kelurahan Ngronggo. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan siswa, guru, serta orang tua. Selama KKN, mahasiswa menerapkan berbagai permainan tradisional, seperti egrang, estafet karet sedotan, memasukkan paku ke dalam botol, dan balap karung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional membantu mengurangi durasi penggunaan gadget, meningkatkan interaksi sosial, serta mendorong aktivitas fisik. permainan ini juga berkontribusi terhadap perkembangan kognitif dan motorik anak. Dengan demikian, program KKN berbasis permainan tradisional dapat menjadi strategi efektif untuk mengatasi kecanduan gadget sekaligus memperkuat peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat dan pendidikan berbasis kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiana, R. (2016). Cyberbullying dan Sikap Pelajar di Kota Medan.

G. S, B. (2018). Strategi Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar Dalam Era Budaya Cyber. Seminar Nasional Seni Dan Desain, 2(1), 16–20.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Kenda, N. (2020). Penggunaan TIK dalam Komunikasi dan Partisipasi Sosial Ibu Rumah Tangga. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 24(2), 171–185.

Khotimah, K., Maemonah, M., & Rahmi, Y. N. (2021). Perkembangan Psikososial Peserta Didik Sekolah Dasar Islam di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 191–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1881

Mukarromah, K. (2022). Analisis Perhatian Orang Tua Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1584–1597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2190

Purwaningtyas, F. D., Zuroidah, A., Nilam, N. N., & Sela, N. P. (2021). Efektivitas Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial di Tengah Pandemi Covid 19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 479–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1955

Sakur. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Pendapatan Pedagang Di Pasar Bundeg Desa Durin Timur Konang Bangkalan Tahun 2020. Skripsi.

Septimar, Q. M. R. Z. M. (2021). Study Literatur Review : Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Penurunan Ketajaman Penglihatan Pada Remaja. Journal Ilmiah Pemenang, 27–41.

Sigo, W. A. (2021). STRATEGI PELAYANAN ANAK di GPdI ELOHIM BATU. 6.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Hayati, R., & Utomo, S. (2022). Peran permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 45-60.

Kenda, T. (2020). Pengaruh digitalisasi terhadap perilaku anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 12-25.

Mukarromah, A. (2022). Dampak permainan tradisional terhadap perkembangan emosional anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9(2), 67-80.

Puspita, S., & Nugroho, D. (2023). Peran orang tua dalam membatasi penggunaan gadget di era digital. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 11(3), 100-115.

Rahmawati, F., Putri, L., & Hidayat, R. (2021). Revitalisasi permainan tradisional untuk meningkatkan interaksi sosial anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 30-45.

Rohmah, N. (2022). Strategi pengurangan ketergantungan gadget melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 55-70.

Sakur, R. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 88-102.

Sutrisno, A., & Wahyuni, R. (2021). Ketergantungan gadget dan dampaknya pada perkembangan sosial anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9(2), 45-60.

Widodo, H. (2022). Dampak permainan tradisional dalam mengurangi penggunaan gadget pada anak. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 8(2), 67-80.

Yumarni, T. (2022). Pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan kognitif dan motorik anak SD. Jurnal Kajian Pendidikan Anak, 5(2), 33-50.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-26

How to Cite

Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Siswa SD di Kelurahan Ngronggo. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(1), 158-168. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i1.25661

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.