Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Siswa SD di Kelurahan Ngronggo
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i1.25661Keywords:
Gadget, Permainan Tradisional, KKN, Interaksi Sosial, PendidikanAbstract
Kemajuan teknologi berdampak besar pada kehidupan anak-anak, terutama meningkatnya ketergantungan siswa SD terhadap gadget. Penggunaan perangkat digital yang berlebihan berisiko menghambat perkembangan sosial, emosional, dan akademik, serta mengurangi interaksi sosial dan aktivitas fisik mereka. Salah satu solusi alternatif adalah memperkenalkan kembali permainan tradisional yang memiliki nilai edukatif dan sosial. Pengabdian ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan menganalisis efektivitas permainan tradisional dalam mengurangi ketergantungan gadget di kalangan siswa SD di Kelurahan Ngronggo. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan siswa, guru, serta orang tua. Selama KKN, mahasiswa menerapkan berbagai permainan tradisional, seperti egrang, estafet karet sedotan, memasukkan paku ke dalam botol, dan balap karung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional membantu mengurangi durasi penggunaan gadget, meningkatkan interaksi sosial, serta mendorong aktivitas fisik. permainan ini juga berkontribusi terhadap perkembangan kognitif dan motorik anak. Dengan demikian, program KKN berbasis permainan tradisional dapat menjadi strategi efektif untuk mengatasi kecanduan gadget sekaligus memperkuat peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat dan pendidikan berbasis kearifan lokal.
Downloads
References
Dwiana, R. (2016). Cyberbullying dan Sikap Pelajar di Kota Medan.
G. S, B. (2018). Strategi Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar Dalam Era Budaya Cyber. Seminar Nasional Seni Dan Desain, 2(1), 16–20.
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248
Kenda, N. (2020). Penggunaan TIK dalam Komunikasi dan Partisipasi Sosial Ibu Rumah Tangga. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 24(2), 171–185.
Khotimah, K., Maemonah, M., & Rahmi, Y. N. (2021). Perkembangan Psikososial Peserta Didik Sekolah Dasar Islam di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 191–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1881
Mukarromah, K. (2022). Analisis Perhatian Orang Tua Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1584–1597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2190
Purwaningtyas, F. D., Zuroidah, A., Nilam, N. N., & Sela, N. P. (2021). Efektivitas Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial di Tengah Pandemi Covid 19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 479–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1955
Sakur. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Pendapatan Pedagang Di Pasar Bundeg Desa Durin Timur Konang Bangkalan Tahun 2020. Skripsi.
Septimar, Q. M. R. Z. M. (2021). Study Literatur Review : Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Penurunan Ketajaman Penglihatan Pada Remaja. Journal Ilmiah Pemenang, 27–41.
Sigo, W. A. (2021). STRATEGI PELAYANAN ANAK di GPdI ELOHIM BATU. 6.
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369
Hayati, R., & Utomo, S. (2022). Peran permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 45-60.
Kenda, T. (2020). Pengaruh digitalisasi terhadap perilaku anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 12-25.
Mukarromah, A. (2022). Dampak permainan tradisional terhadap perkembangan emosional anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9(2), 67-80.
Puspita, S., & Nugroho, D. (2023). Peran orang tua dalam membatasi penggunaan gadget di era digital. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 11(3), 100-115.
Rahmawati, F., Putri, L., & Hidayat, R. (2021). Revitalisasi permainan tradisional untuk meningkatkan interaksi sosial anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 30-45.
Rohmah, N. (2022). Strategi pengurangan ketergantungan gadget melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 55-70.
Sakur, R. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 88-102.
Sutrisno, A., & Wahyuni, R. (2021). Ketergantungan gadget dan dampaknya pada perkembangan sosial anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9(2), 45-60.
Widodo, H. (2022). Dampak permainan tradisional dalam mengurangi penggunaan gadget pada anak. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 8(2), 67-80.
Yumarni, T. (2022). Pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan kognitif dan motorik anak SD. Jurnal Kajian Pendidikan Anak, 5(2), 33-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RIA PERMATA SARI, Elma Meliana, Ahmad Royan Hanif, Siska Septiana, Andi Kurniawan, Mia Aprilia Susanti, Yhogi Prananda, Prasetyo Ari Wibowo, Muhammad Risky, Dhita Nur Fadila, Eko Yulianto, Deby Arsita, Andy Firmansyah, Achmad Syauqi Bachti, Muhamad Basori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0