Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Basori Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Karimatus Saidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Muhammad Nurfianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lintang Bintari Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i2.21407

Keywords:

Training, Differentiation Learning, Independent Curriculum

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi kepada guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri agar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan meliputi tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa semua guru telah mengetahui apa itu pembelajaran berdeferensiasi. Namun hanya sebagian kecil, yakni 24% yang memahami makna dan implementasi dari pembelajaran berdeferensiasi. Dalam proses pelatihan yang dilakukan 68,7% responden menyampaikan bahwa materi yang disajikan mudah dipahami. 73,5% reponden juga menyatakan bahwa pemateri memfasilitasi kegiatan dengan baik dan  87,5% responden merasakan banyak manfaat dari pelatihan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam

Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Trihayu, 2(3), 259034.Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 2nd Proceeding STEKOM, 2(1).

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Ria, T. N., & Kurniati, L. (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU SMPN 4 DEMAK. JURNAL AWAM, 3(1), 13-18.

Siburian, R., Simanjuntak, S. D., Simorangkir, F. M., Kunci Pembelajaran Diferensiasi, K., & Pemecahan Masalah, K. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 1–3. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpmhttps://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.000000

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-03

How to Cite

Primasatya, N., Mujiwati, E. S. ., Damariswara, R., Basori, M., Saidah, K., Nurfianto, D. M., & Bintari, L. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i2.21407

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)