Edukasi Masa Pubertas pada Siswa Kelas VI SDN 1 Genteng Banyuwangi

  • Sudarsri Lestari IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Fathi Hidayah IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Atiqatul Musyarofah IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Abstract views: 82 , pdf downloads: 71

Abstract

Berdasarkan pemahaman agama islam siklus kedewasaan manusia ini dibagi menjadi 2 yaitu sebelum aqil baligh dan sesudah aqil baligh. baligh dapat didefinisikan apabila seseorang dikatakan dewasa jika sudah berada pada usia tertentu serta memiliki perubahan pada tubuh mereka secara biologis. Perubahan tubuh secara biologis pada anak-anak menginjak usia remaja seringkali juga disebut sebagai masa pubertas. Kegiatan edukasi masa puber sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat pada zaman sekarang siswa SD kelas tinggi sudah mulai memasuki masa pubertas. Selain itu, penting pula bagi orang tua untuk mendampingi anak dalam arti memberikan perhatian, pengetahuan, dan pengawasan agar anak lebih siap dalam menghadapi perubahan baik fisik dan emosionalnya selama masa pubertas.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa akan pentingnya mempersiapkan masa pubertas dengan baik, agar siswa siap menghadapi perubahan yang terjadi baik secara fisik, maupun emosional. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi pada siswa kelas VI SDN 1 Genteng yang berjumlah 126 siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi sosialisasi yang sudah disampaikan, hal tersebut dapat tercermin dari hasil survey dan wawancara yang dilakukan setelah kegiatan pengabdian. Berdasarkan pengamatan juga ditemukan bahwa siswa lebih siap menghadapi masa pubertas, termasuk menghadapi perubahan fisik dan emosionalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfah, Miftahul, and Linda Yarni. 2023. “Kesiapan Anak Menghadapi Masa Puber.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(2):7607–17.

Daryanto, M. 2012. “Raharjo.” Model Pelajaran Inovatif, 1st Ed. Yogyakarta: Gava Media.

Kusmiran, Eny. 2011. “Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita.” Jakarta: Salemba Medika 21.

MAULIDY, AHMAD SHOFWAN. 2021. “PERANCANGAN BUKU VISUAL PANDUAN PERSIAPAN MEMASUKI AQIL BALIGH BAGI LAKI-LAKI DAN.”

Sevi Budiati, A., and Dwi Anita Apriliastuti. 2012. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Kesiapan Anak Menghadapi Masa Pubertas.” Jurnal Kebidanan.

Suryabrata, Sumadi. 2011. “Psikologi Kepribadian.”

Triyanto, Endang. 2010. “Pengalaman Masa Pubertas Remaja Studi Fenomenologi Di Purwokerto.” Jurnal Ners 5(2):147–53.

PlumX Metrics

Published
2024-01-03
Section
Articles