Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Virtual Reality bagi Guru di Kabupaten Lebak
Abstract
The demands of today's teachers must have skills in using technology as an effective teaching tool. However, the availability of facilities and infrastructure was an obstacle for teachers to apply technology, especially virtual reality in the learning process. Therefore, the Department of Physics Education, Untirta, Banten collaborated with the teacher assosication at Lebak Regency to provide training on the development of virtual reality assisted learning media for teachers at Lebak Regency. The methods used are presentation, discussion, demonstration and practicum. The results of this service show that 90% of teachers can create virtual physics classrooms using Millea lab and can be operated properly.
Downloads
References
Agusty, A. I. (2020). Millealab Media Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Reality untuk Mengajarkan Topik Pemanasan Global. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4(20), 104–110.
Anisa, M. K., Permana P, N. D., & Nova, T. L. (2020). Penggunaan Simulasi Virtual Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa : Meta Analisis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 163–170. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.163-170
Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251
Mahpudin, A., & Puadi, E. F. W. (2018). Rancang Bangun Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Fisika. 550–560. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4255
Maiyena, S., & Imamora, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(1), 01–18. https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i1.5739
Novesa Hidayat, A., Nurulwati, N., Evendi, E., & Muliandi, A. (2021). Analisis Perspektif Guru Fisika SMA Di Banda Aceh Dalam Pembelajaran Daring: Sulitkah Pembelajaran Daring? U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(2), 45–54. https://doi.org/10.30599/uteach.v2i2.40
Oktaviani, D. R., Masturoh, S., Devarainy, D., Nurswandi, R., & Astuti, I. A. D. (2021). Desain augmented reality laboratory based implement optical physics sebagai media pembelajaran fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.30998/npjpe.v3i1.682
Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2018). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 256. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.11994
Rahma, S. N., Suliyanah, & Deta, U. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Fisika Daring Pada Masa Pdanemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 5, 48–59. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/173
Yuliyanti, N. (2020). Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Generasi Z. Bp Paud & Dikmas Lampung. https://bppauddikmaslampung.kemdikbud.go.id/berita/read/kompetensi-guru-abad-21-sebagai-tuntutan-generasi-z
Copyright (c) 2022 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0