Pendampingan Penyusunan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi untuk guru SDN Tlogomas 2
Abstract
Kebijakan merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu programnya adalah mengubah ujian nasional dengan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter. Dalam penyusunan asesemen seperti soal ujian baik formatif maupun sumatif sebenarnya guru SDN Tlogomas 2 sudah terbiasa menyusunnya, namun untuk AKM Numerasi perlu pendalaman, lebih banyak latihan, dan adaptasi dengan kebijakan tersebut. Pendampingan ini merupakan salah satu strategi peningkatan dan percepatan pelaksanaan kebijakan AKM di sekolah. Metode pelaksanaan pendampngan penyusuunan AKM di SDN Tlogomas 2 berupa pelatihan, pendampingan dan refleksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Dalam pelaksanaannya, pendampingan penyusunan soal AKM di SDN Tlogomas 2 berjalan dengan lancar meskipun masih ada kendala dan keterbatasan pelaksanaan seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan keterampilan guru dalam penyusunan soal AKM.
Downloads
References
Mustafa, M. N., & Zulhafizh. (2018). Information Mastery by Teachers as A Strategy to Succeed in the Implementation of Teaching and Learning Activities. International Seminar and Annual Meeting BKS-PTN Wilayah Barat, 516-523
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Pengembangan Penelitian danPengembangan Perbukuan Kemdikbud. 2020.AKM dan Implikasinya pada Pem belajaran. Jakarta: Pusmenjar, Kemdikbud.
Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5, 566–5
World Economic Forum. (2015). Unlocking the potential of the smart grid. AIP Conference Proceedings, 2–3. https://doi.org/10.1063/1.4938795.
Copyright (c) 2022 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0