Pendampingan Penyusunan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi untuk guru SDN Tlogomas 2

  • Bahrul Ulum universitas muhammadiyah malang
  • Delora Jantung Amelia
  • Ima Wahyu Putri Utami
Abstract views: 196 , pdf downloads: 366

Abstract

Kebijakan merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu programnya adalah mengubah ujian nasional dengan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter. Dalam penyusunan asesemen seperti soal ujian baik formatif maupun sumatif sebenarnya guru SDN Tlogomas 2 sudah terbiasa menyusunnya, namun untuk AKM Numerasi perlu pendalaman, lebih banyak latihan, dan adaptasi dengan kebijakan tersebut. Pendampingan ini merupakan salah satu strategi peningkatan dan percepatan pelaksanaan kebijakan AKM di sekolah. Metode pelaksanaan pendampngan penyusuunan AKM di SDN Tlogomas 2 berupa pelatihan, pendampingan dan refleksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Dalam pelaksanaannya, pendampingan penyusunan soal AKM di SDN Tlogomas 2 berjalan dengan lancar meskipun masih ada kendala dan keterbatasan pelaksanaan seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan keterampilan guru dalam penyusunan soal AKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, F. N. (2016). Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif & Profesional.Yogyakarta : Araska
Mustafa, M. N., & Zulhafizh. (2018). Information Mastery by Teachers as A Strategy to Succeed in the Implementation of Teaching and Learning Activities. International Seminar and Annual Meeting BKS-PTN Wilayah Barat, 516-523
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Pengembangan Penelitian danPengembangan Perbukuan Kemdikbud. 2020.AKM dan Implikasinya pada Pem belajaran. Jakarta: Pusmenjar, Kemdikbud.
Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5, 566–5
World Economic Forum. (2015). Unlocking the potential of the smart grid. AIP Conference Proceedings, 2–3. https://doi.org/10.1063/1.4938795.

PlumX Metrics

Published
2022-12-26
How to Cite
Ulum, B., Amelia , D. J., & Utami , I. W. P. (2022). Pendampingan Penyusunan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi untuk guru SDN Tlogomas 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 99-106. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.18988
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)