Penerapan Media Pop Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek
The Implementation of Pop-Up Media to Improve Short Story Writing Skills
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20053Keywords:
Menulis cerita pendek, media pop upAbstract
Masalah dalam penelitian ini menfokuskan pada rendahnya kemampuan menulis cerita pendek di kelas IV, SD Islam PB Soedirman . Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui media pop up. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas . Dalam penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refeleksi. waktu penelitian berlangsung 2 bulan dari bulan april sampai bulan mei 2022. dengan subjek penelitian 32 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil kemampuan menulis cerita pendek siswa yang signifikan pada kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas pada hasil pembelajaran diperoleh pada Pra Siklus = 66,56 Siklus I = 74,68, dan Siklus II = 82,34. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up pada proses pembelajaran menulis cerita pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.
References
Arifah, Fita Nur. 2017. Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru. Yogjakarta.
Alfi Lailla dan Samijo. Jurnal, pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.
Eris Dwitrisno Putri. Jurnal, Penggunaan Media ‘’Pop Up’’ dalam Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Puri Mojokerto.
Isti Khomah, dkk. Jurnal, Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Sekolah Dasar, PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.
Jamaris, Martini. 2012. Kesulitan Belajar Perspektif: Asesmen, dan penanggulangannya, Bogor: Ghalia Indonesia.
KBBI Edisi terbaru, Gita Media Pres.
Mastini, dkk. Jurnal, Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audio Visual pada Sekolah Menengah Pertama, Vol 1, Agustus 2016
Melilia Safri, dkk. Jurnal Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada materi Minyak Bumi, Aceh 2017.
Pengembangan Media Buku POP-UP untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Klaten,
Randi Arista. Jurnal, Studi tentang kemampuan aparatur desa dalam pelayanan admintrasi kependudukan di kampung Datah Bilang Baru Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu. Vol 3, 2015.
Rusdiana, Yeti Heryati. 2015. Pendidkan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan inovatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Syah Putra, F., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. 2022. ASPEK FILSAFAT PADA NOVEL TEGAR DI ATAS CAHAYA KARANGAN MOCH. NUR ARIFIN. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6(2), 1-22. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19191
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0