Penerapan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek


Abstract
Masalah dalam penelitian ini menfokuskan pada rendahnya kemampuan menulis cerita pendek di kelas IV, SD Islam PB Soedirman . Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui media pop up. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas . Dalam penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refeleksi. waktu penelitian berlangsung 2 bulan dari bulan april sampai bulan mei 2022. dengan subjek penelitian 32 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil kemampuan menulis cerita pendek siswa yang signifikan pada kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas pada hasil pembelajaran diperoleh pada Pra Siklus = 66,56 Siklus I = 74,68, dan Siklus II = 82,34. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up pada proses pembelajaran menulis cerita pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Kata Kunci: Menulis cerita pendek, media Pop Up
References
Alfi Lailla dan Samijo. Jurnal, pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.
Eris Dwitrisno Putri. Jurnal, Penggunaan Media ‘’Pop Up’’ Dalam Pembelajaran Menulis Hanzi Pada Siswa Kelas X IPS 1SMAN 1 Puri Mojokerto.
Isti Khomah DKK. Jurnal, Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara jawa Pada Siwa Sekolah Dasar, PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.
Jamaris, Martini.2012. Kesulitan Belajar Perspektif: Asesmen, dan penanggulangannya, Bogor : Ghalia Indonesia.
KBBI Edisi terbaru, Gita Media Pres.
Mastini DKK. Jurnal, Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual Pada Sekolah Menengah Pertama, Vol 1, Agustus 2016.
Melilia Safri DKK. Jurnal Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada materi Minyak Bumi, Aceh 2017.
Pengembangan Media Buku POP-UP Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Klaten,
Randi Arista. Jurnal, Studi tentang kemampuan aparatur desa dalam pelayanan admintrasi kependudukan dikampung Datah BIlang Baru Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu. Vol 3, 2015.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & pembelajaran disekolah dasar. Jakarta : Prenada Media Group.
Rusdiana, Yeti Heryati.2015. Pendidkan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan inovatif, Bandung: CV Pustaka Setia .
Copyright (c) 2023 Syamzah Ayuningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0