Analisis Bahasa Slang pada Komunitas Waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya

Analysis of Slang Language in the Waria Community at the Kembang Kuning Cemetery Complex in Surabaya

  • Aditya Oktavian Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Wahyu Widayati Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Victor Maruli Tua Tobing Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 351 , pdf downloads: 421
Keywords: bentuk, makna, kata slang, perunahan struktur morfologi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bentuk kata, makna kata dan perubahan struktur fonologi kata dalam bahasa slang pada komunitas waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk kata dalam bahasa slang pada komunitas waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya, (2) mendeskripsikan makna kata dalam bahasa slang pada komunitas waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya, dan (3) mendeskripsikan perubahan struktur fonologi kata dalam bahasa slang pada komunitas waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data yang diambil oleh peneliti yaitu bahasa slang pada komunitas waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya, dengan data berupa kata slang. Total data keseluruhan berjumlah 71 data. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan menggunakan teknik dasar yaitu teknik sadap sedangkan teknik lanjutan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik simak libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih dan menggunakan teknik dasar yaitu teknik bagi unsur langsung sedangkan teknik lanjutan menggunakan teknik ganti serta menggunakan metode padan dan menggunakan teknik dasar yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP) sedangkan teknik lanjutan menggunakan teknik hubung membedakan (HBB). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peneliti menemukan bentuk kata slang yaitu; (1) kata dasar, (2) kata berimbuhan, (3) kata ulang, dan (4) kata majemuk. Kedua, peneliti menemukan makna kata slang yaitu; (1) denotatif, dan (2) konotatif. Ketiga, peneliti menemukan perubahan struktur fonologi kata slang yaitu; (1) zeroisasi, (2) anaptiksis, dan (3) metatisis.

References

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emka, Moammar. 2007. Kamus Gaul Here Genre!!!. Jakarta: Gagas Media.

Hutama, S. S. 1991. Pengantar Studi Lisan. Surabaya: HISKI Komisariat Jawa Timur

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suryaman, Maman dkk. 2013. Modul BIPA Tata Bahasa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta. Tiara Wacana Yogya.

Mansur, Muslich. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mastoyo, Tri Jati Keuma. 2007. Pengantar Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Natalia, Livia. 2007. Kamus Istilah Gaul SMS. Jakarta: Gagas Media.

Oetomo, Dede. 2003. Memberi Suara pada yang Bisu. Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Fauziyah, Ayu., Mulyaningsih, Indira. 2016. Perubahan Bunyi pada Tuturan Resmi yang Digunakan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurnal Indonesian Language Education dan Literature, (Online), 2 (1): 50-59, (http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/). Diakses 20 Juni 2020.

Fitriani, Yetri., Rahayu, Ngudining., & Wulandari, Catur. 2017. Bahasa Pedagang Ikan di Pasar Panorama Bengkulu (Kajian Sosiolinguistik), Jurnal Korpus, (Online), 1 (1): 118-131, (https://ejournal.unib.ac.id). Diakses 20 Juni 2020.

Prihatin, Rahmawati., Istianingrum, Rika., & Maryatin. 2018. Ragam Bahasa Waria di Kota Balikpapan. Jurnal Basa Taka, (Online), 1 (1): 58-70, (https://media.neliti.com). Diakses 26 Februari 2020.

Wahyuni, Nurul. 2015. Afiks Pembentukan Verba dalam Bahasa Bugis. Jurnal Humanika, (Online), 3 (15): 1-19, (http://www.google.com/). Diakses 21 juni 2020.

PlumX Metrics

Published
2020-04-25
How to Cite
Oktavian, A., Widayati, W., & Tobing, V. M. T. (2020). Analisis Bahasa Slang pada Komunitas Waria di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya: Analysis of Slang Language in the Waria Community at the Kembang Kuning Cemetery Complex in Surabaya. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 29-41. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.14812
Section
Artikel