Interaksi Sosial dalam Film Mahasiswa baru Sutradara Monty Tiwa

  • Aulia Fauziah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 70 , pdf downloads: 63
Keywords: faktor imitasi, faktor simpati, faktor identifikasi, faktor sugesti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan sastra sebagai ilmu komunikasi yang dapat mengungkapkan segala gagasan atau pendapat yang ingin disampaikan kepada penonton atau pembacanya dari seoarang pengarang. Film Mahasiswa Baru dipilih karena memiliki aspek yang sedang dibicarakan zaman sekarang yaitu tentang sebuah interaksi sosial. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi interaksi sosial dalam film mahasiswa baru sutradara Monty Tiwa? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial dalam film Mahasiswa Baru sutradara Monty Tiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa film. Hasil penelitian ini menyatakan dalam film Mahasiswa Baru sutaradara Monty Tiwa terdapat faktor imitasi, faktor simpati, faktor identifikasi, dan faktor sugesti yang mempengaruhi sebuah interaksi sosial. Faktor imitasi merupakan dorongan meniru orang lain dialami oleh Lastri. Faktor sugesti merupakan pengaruh psikis yang dipengaruhi orang lain maupun diri sendiri. Faktor indentifikasi meruapakan faktor yang saat berinteraksi mengikuti suatu gaya dengan sadar. Faktor yang terakhir yaitu faktor simpati, faktor ini merupakan faktor yang perasaan sebagai alasan interaksi sosialnya.

References

Ahmadi, Abu. 2015. Psikologi Sosial.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ayu Maharasta, Dyah. (2012). Interaksi Sosial ATL Tipe Agresif dalam Kegiatan Outbond di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. PLB. FIP. UNY.
Moleong, Lexy. J. 2000. Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi
Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rahmayantis, M. D., & Puspitoningrum, E. (2018). Bahan Ajar Pacelathon Undha Usuk Bahasa Jawa Sebagai Penguatan Karakter Tata Krama Berbicara Siswa Dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah. KEMBARA: (Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya) , 22.
Rosyidi, Hamim. 2012. Psikologi Sosial.
Surabaya: CV. Jaudar.
Siswantoro. 2005. Metode Penelitian
Sastra Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2013. Psikologi Sosial
Suatu Pengantar. Yogyakarta: CV.
Andi Offset.
Sofiyana, R. J. (2013). Pola Interaksi Sosial Masyarakat Dengan Waria Di Pondok Pesantren Khusus Al-Fatah Senin Kamis (Studi Kasus Di Desa Notoyudan, Sleman, Yogyakarta). lib.unes, 47.
Published
2021-10-25
How to Cite
Fauziah, A., & Waryanti, E. (2021). Interaksi Sosial dalam Film Mahasiswa baru Sutradara Monty Tiwa. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 16-21. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17541