Pemilihan Kata Konotasi pada Kumpulan Lagu Hip Hop di Indonesia Karya Eizy

Connotation Word Selection in the Collection of Hip Hop Songs in Indonesia by Eizy

  • Hendra Surya Prasetya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sempu Dwi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subardi Agan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 157 , pdf downloads: 183
Keywords: Diksi Konotasi, Lagu Hip-Hop, Eizy

Abstract

Diksi konotasi diklasifikasikan menjadi diksi konotasi positif dan diksi konotasi negatif. Dalam penelitian ini terdapat dua pokok permasalahan yang dibahas pertama; bagaimanakah wujud diksi konotasi dalam lagu Hip Hop karya Eizy, kedua; bagaimanakah fungsi diksi konotasi dalam lagu Hip Hop karya Eizy. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah lirik lagu Hip Hop karya Eizy yang mengandung diksi konotasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh diksi konotasi baik terdapat 274 data dan konotasi tidak baik 515 data. Kedua kelompok diksi tersebut masing-masing memiliki variasi. Penggunaan jenis diksi konotasi pada karya Eizy memiliki enam fungsi. Dari keenam fungsi tersebut fungsi memperindah tuturan merupakan fungsi paling dominan dengan jumlah 297 data. diikuti fungsi meningkatkan intensitas makna 227 data. Urutan ketiganya adalah fungsi menunjukan rasa marah 65 data dan mengumpat atau reaksi emosi 53 data, sedangkan fungsi rasa tidak suka 50 data dan memperhalus tuturan 47 data relatif paling sedikit.

References

Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sya’adah, Umu. 2012. “Makna Konotatif dalam Antologi Cerkak Majalah Djaka Lodang Edisi Bulan Mei-Juli Tahun 2009”. Ditulis dalam https://eprints.uny.ac.id/31165/, diakses tanggal 20 Maret 2022.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Wluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga

PlumX Metrics

Published
2022-12-16
How to Cite
Surya Prasetya, H., Dwi Sasongko, S., & Agan, S. (2022). Pemilihan Kata Konotasi pada Kumpulan Lagu Hip Hop di Indonesia Karya Eizy: Connotation Word Selection in the Collection of Hip Hop Songs in Indonesia by Eizy. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(2), 37-48. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19122