STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIKes to the Slow Learner Students in Thematic Learning
(Case Study at SDN 006 Kampung IV Tarakan, North Kalimantan).


Abstract
Menangani anak slow learner pada sekolah non inklusi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tidak semua guru mampu mengajar siswa slow learner yang bercampur dengan siswa reguler. Apalagi dengan jumlah siswa slow learner yang tidak sedikit. Sehingga guru harus memiliki strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik yakni pembelajaran yang menempatkan satu tema pada sejumlah mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menangani anak slow learner yang berada pada satu kelas yang sama dengan anak-anak reguler sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tetap dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak slow learner di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwasanya guru menggunakan strategi pembelajaran ceramah variasi, diskusi, dan pemecahan masalah dengan pengelolaan tempat duduk yang berganti-ganti, menggunakan pembelajaran yang menyenangkan, santai, tetapi serius yang disertai dengan penggunaan sistem reward dan punishment. Guru juga memberikan tambahan pelajaran sepulang sekolah sesuai dengan kebutuhan serta kerja sama orang tua dan guru yang tetap terjaga diharapkan dapat membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran sekaligus menentukan alternatif penanganan yang tepat utamanya bagi slow learner.
References
Abu, Ahmadi dan Joko Prasetya.(1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Efendi, Mohamad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Ghony, Djunaidi dan Fauzan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogja: Ar-Ruzz Media.
Gafur, Abdul. (2007). Evaluasi Penilaian Pembelajaran PKN. Yogyakarta: Depdiknas
Hamalik, Omar. (2006). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Bandung: Angkasa
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Karwati, Euis dan Doni Juni Priansa. (2015). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Rianto, Milan. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Depdiknas
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek (Jakarta: Prestasi Pustaka.
UU RI Nomor 20 tahun 2003. Pendidikan Nasional . Bandung: Citra
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0