Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus pada SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara)
Teacher Learning Strategies for Slow Learners in Thematic Learning (A Case Study at SDN 006 Kampung IV Tarakan, North Kalimantan)
Abstract
Menangani anak slow learner pada sekolah non inklusi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tidak semua guru mampu mengajar siswa slow learner yang bercampur dengan siswa reguler. Apalagi dengan jumlah siswa slow learner yang tidak sedikit. Sehingga guru harus memiliki strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik yakni pembelajaran yang menempatkan satu tema pada sejumlah mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menangani anak slow learner yang berada pada satu kelas yang sama dengan anak-anak reguler sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tetap dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak slow learner di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwasanya guru menggunakan strategi pembelajaran ceramah variasi, diskusi, dan pemecahan masalah dengan pengelolaan tempat duduk yang berganti-ganti, menggunakan pembelajaran yang menyenangkan, santai, tetapi serius yang disertai dengan penggunaan sistem reward dan punishment. Guru juga memberikan tambahan pelajaran sepulang sekolah sesuai dengan kebutuhan serta kerja sama orang tua dan guru yang tetap terjaga diharapkan dapat membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran sekaligus menentukan alternatif penanganan yang tepat utamanya bagi slow learner.
References
Dewantara, Ki Hajar. 1938. Dasar-dasar Pendidikan. Jogjakarta: Majelis Luhur Taman Siswa
Abu, Ahmadi dan Joko Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Efendi, Mohamad. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Ghony, Djunaidi dan Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogja: Ar-Ruzz Media.
Gafur, Abdul. 2007. Evaluasi Penilaian Pembelajaran PKN. Yogyakarta: Depdiknas
Hamalik, Omar. 2006. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Bandung: Angkasa
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Karwati, Euis dan Doni Juni Priansa. 2015. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Depdiknas
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
UU RI Nomor 20 tahun 2003. Pendidikan Nasional. Bandung: Citra
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0