Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus pada SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara)

Teacher Learning Strategies for Slow Learners in Thematic Learning (A Case Study at SDN 006 Kampung IV Tarakan, North Kalimantan)

  • Ipon Nonitasari Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract views: 526 , pdf downloads: 1363
Keywords: pembelajaran tematik, siswa lamban belajar, strategi pembelajaran guru

Abstract

Menangani anak slow learner pada sekolah non inklusi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tidak semua guru mampu mengajar siswa slow learner yang bercampur dengan siswa reguler. Apalagi dengan jumlah siswa slow learner yang tidak sedikit. Sehingga guru harus memiliki strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik yakni pembelajaran yang menempatkan satu tema pada sejumlah mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menangani anak slow learner yang berada pada satu kelas yang sama dengan anak-anak reguler sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tetap dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak slow learner di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwasanya guru menggunakan strategi pembelajaran ceramah variasi, diskusi, dan pemecahan masalah dengan pengelolaan tempat duduk yang berganti-ganti, menggunakan pembelajaran yang menyenangkan, santai, tetapi serius yang disertai dengan penggunaan sistem reward dan punishment. Guru juga memberikan tambahan pelajaran sepulang sekolah sesuai dengan kebutuhan serta kerja sama orang tua dan guru yang tetap terjaga diharapkan dapat membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran sekaligus menentukan alternatif penanganan yang tepat utamanya bagi slow learner.

References

Dewantara, Ki Hajar. 1938. Dasar-dasar Pendidikan. Jogjakarta: Majelis Luhur Taman Siswa

Abu, Ahmadi dan Joko Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Efendi, Mohamad. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang

Ghony, Djunaidi dan Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogja: Ar-Ruzz Media.

Gafur, Abdul. 2007. Evaluasi Penilaian Pembelajaran PKN. Yogyakarta: Depdiknas

Hamalik, Omar. 2006. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Bandung: Angkasa

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Karwati, Euis dan Doni Juni Priansa. 2015. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Depdiknas

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

UU RI Nomor 20 tahun 2003. Pendidikan Nasional. Bandung: Citra

PlumX Metrics

Published
2020-10-12
How to Cite
Nonitasari, I. (2020). Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus pada SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara): Teacher Learning Strategies for Slow Learners in Thematic Learning (A Case Study at SDN 006 Kampung IV Tarakan, North Kalimantan). Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 19-26. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.14939