Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Mahasiswa Tingkat II Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester Genap 2018/2019

  • Mochamad Muchson Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 87 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 30
Keywords: Pendekatan kontekstual, motivasi, aktivitas, prestasi belajar, motivator, fasilitator

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas 3 siklus. Sampel penelitian adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi menjadi anggota sampel. Instrumen penelitian menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:1) Siklus pertama: motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa berkategori cukup dilihat dari hasil test secara individu 40% mahasiswa berkategori cukup dan 60% mahasiswa berkategori baik. Dilihat dari tingkat ketuntasan belajar secara individu 60% mahasiswa sudah tuntas belajarnya dan apabila dilihat dari ketuntasan kelas ternyata belum tuntas belajarnya. Hal ini disebabkan karena mahasiswa belum terbiasa dengan metode kontekstual. Mahasiswa terbiasa dengan metode ceramah dimana dosen langsung menjelaskan materi  kuliah sedang dalam pendekatan kontekstual mahasiswa memahami suatu materi mata kuliah melalui keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran;  2) Siklus kedua: dimana dosen memberi penekanan pada mahasiswa untuk meningkatkan keterlibatan dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa motivasi dan aktivitas belajar 60% mahasiswa berkategori baik dan 40% mahasiswa berkategori baik sekali. Hal ini dilihat dari hasil test materi mata kuliah secara individu 60% mahasiswa berkategori baik dan 40% mahasiswa berkategori baik sekali. Dilihat dari tingkat ketuntasan belajar ternyata baik secara individu maupun secara kelas 100% mahasiswa sudah tuntas belajarnya. Hal ini disebabkan mahasiswa sudah beradaptasi dengan pembelajaran kontekstual sehingga motivasi, aktivitas dan nilai testnya meningkat; 3) Siklus ketiga  dimana dosen bertindak sebagai motivator dan fasilitator dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa motivasi dan aktivitas belajar 20 % mahasiswa berkategori baik dan 80 % mahasiswa berkategori baik sekali. Berdasarkan hasil test materi mata kuliah secara individu 20% mahasiswa berkategori baik dan 80% mahasiswa berkategori baik sekali. Dilihat dari tingkat ketuntasan belajar ternyata baik secara individu maupun secara kelas 100% mahasiswa sudah tuntas belajarnya. Hal ini disebabkan mahasiswa sudah terbiasa dengan pembelajaran kontekstual sehingga motivasi, aktivitas dan nilai testnya tinggi. Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar karena: 1) Mahasiswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, 2) Mahasiswa belajar dari teman melalui kerja kelompok, diskusi, dan saling  mengoreksi, 3) Pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata dan atau masalah yang disimulasikan, 4) Perilaku dibangun atas kesadaran diri, 5) Ketrampilan dikembangkan atas dasar pemahaman, 6) Hadiah untuk perilaku baik adalah kepuasan diri, 7) Mahasiswa menggunakan kemampuan berpikir kritis, terlibat penuh dalam mengupayakan terjadinya proses pembelajaran yang efektif, dan membawa skema masing-masing kedalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, motivasi, aktivitas, prestasi belajar, motivator, fasilitator

 

References

Johnson, Elaine B. (2009) Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar

Mengasyikkan dan Bermakna. (Penterjemah: Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.

Kemmis, S. & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner. Third Edition. Victoria: Deakin University Press.

Muchson, Muchamad (2015). Statistik Deskriptif. Bogor. Gue Pedia.

Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad. (2003) Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Suryanto (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 43 Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Published
2020-11-19
How to Cite
Muchson, M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Mahasiswa Tingkat II Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester Genap 2018/2019. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 90-108. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15222