Respon Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Melalui Program LSLC

Authors

  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satyaningsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13437

Keywords:

model inquiry, respon mahasiswa, LSLC

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu melalui program LSLC. Program LSLC merupakan program pengembangan profesionalitas dosen dalam proses pelaksanaan perkuliahan. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model pembalajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan respon mahasiswa selama proses perkuliahan mata kuliah pembelajaran terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inquiry. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas A dan B mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya angkatan 2015. Tahapan penelitian terdiri dari proses plan, do, dan see. Pada tahap plan, dosen model mempersiapkan pelaksanaan proses perkuliahan dengan membuat Satuan Acara Perkuliahan, chapter design, lesson design, ringkasan materi, lembar evaluasi, dan media. Selanjutnya pada tahap do, melaksanakan perencanaan yang telah dibuat, dengan menghadirkan lima observer untuk membantu mengobservasi respon mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Tahap terakhir yaitu see, dari tahapan tersebut dosen model bersama para observer melaksanakan refleksi dengan melakukan focus group discussion untuk mendiskusikan informasi terkait respon mahasiswa selama proses perkuliahan, juga masukan-masukan yang membangun untuk dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan proses perkuliahan selanjutnya. Proses plan, do dan see dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada kelas 2015A dan siklus kedua dilakukan di kelas 2015 B. Data yang terkumpul berupa angket respon yang diisikan observer, selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian tentang respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu menunjukkan hasil yang sangat positif dari mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mahasiswa dalam mengikuti setiap proses perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Damanik. D.P. (2013) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training dan Direct Instruktion. Tesis. Prodi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Hobri. 2010. Pola Pengembangan Pendidikan Berbasis Sekolah. Yogyakarta : IRCiSoD.

Sirait, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pda Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas VIII MTS N-3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No. 1 Juni 2012.

Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers,

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

PlumX Metrics

Published

2019-09-16

How to Cite

Azmy, B., Satyaningsih, R., & Rosidah, C. T. (2019). Respon Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Melalui Program LSLC. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13437