Respon Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Melalui Program LSLC
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13437Keywords:
model inquiry, respon mahasiswa, LSLCAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu melalui program LSLC. Program LSLC merupakan program pengembangan profesionalitas dosen dalam proses pelaksanaan perkuliahan. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model pembalajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan respon mahasiswa selama proses perkuliahan mata kuliah pembelajaran terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inquiry. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas A dan B mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya angkatan 2015. Tahapan penelitian terdiri dari proses plan, do, dan see. Pada tahap plan, dosen model mempersiapkan pelaksanaan proses perkuliahan dengan membuat Satuan Acara Perkuliahan, chapter design, lesson design, ringkasan materi, lembar evaluasi, dan media. Selanjutnya pada tahap do, melaksanakan perencanaan yang telah dibuat, dengan menghadirkan lima observer untuk membantu mengobservasi respon mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Tahap terakhir yaitu see, dari tahapan tersebut dosen model bersama para observer melaksanakan refleksi dengan melakukan focus group discussion untuk mendiskusikan informasi terkait respon mahasiswa selama proses perkuliahan, juga masukan-masukan yang membangun untuk dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan proses perkuliahan selanjutnya. Proses plan, do dan see dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada kelas 2015A dan siklus kedua dilakukan di kelas 2015 B. Data yang terkumpul berupa angket respon yang diisikan observer, selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian tentang respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu menunjukkan hasil yang sangat positif dari mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mahasiswa dalam mengikuti setiap proses perkuliahan.
Downloads
References
Damanik. D.P. (2013) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training dan Direct Instruktion. Tesis. Prodi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Hobri. 2010. Pola Pengembangan Pendidikan Berbasis Sekolah. Yogyakarta : IRCiSoD.
Sirait, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pda Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas VIII MTS N-3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No. 1 Juni 2012.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers,
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License